AUMBerita

Program Giliran Kurban RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga Tingkatkan Kesadaran Berkurban

PWMJATENG.COM, Purbalingga – Pada momentum Iduladha 1444 H/2023 M ini, Civitas Hospitalia RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga dapat melaksanakan rangkaian Iduladha dengan penyembelihan hewan kurban. Total terdapat 39 hewan kurban, yang terdiri dari 33 ekor kambing dan 6 ekor sapi.

Jumlah hewan kurban tahun ini meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan panitia menggunakan metode yang
berbeda, yakni “giliran kurban”. Jika tahun sebelumnya menggunakan istilah “Latihan Qurban” yaitu iuran karyawan dibelikan hewan qurban kemudian dipotong atas nama instansi. Namun pada tahun ini panitia menetapkan kebijakan “Giliran Kurban” yaitu uang yang terkumpul hasil iuran karyawan dibelikan sejumlah hewan dan dikurbankan atas nama karyawan.

Saiful Romadlon selaku Ketua Panitia Iduladha 1444 H menuturkan, “Tujuan kami melaksankana kurban dengan metode giliran qurban ini adalah agar para karyawan dapat merasakan kepuasan dalam melaksanakan ibadah kurban dan tentunya dengan lebih banyaknya jumlah hewan qurban maka akan semakin luas juga manfaat yang diberikan.”

Rangkaian peringatan Iduladha 1444 H Civitas Hospitalia RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga diawali dengan pentasyarufan 33 ekor hewan qurban pada Senin-Selasa, 26-27 Juni 2023 ke 26 titik, yang terdiri dari terdiri dari 14 FKTP, 6 Pondok Pesantren, 4 Panti Asuhan dan 2
dusun mualaf di Kabupaten Purbalingga.

Maksud dari pentasyarufan ini adalah sebagai salah satu usaha RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga dalam mengajak amar ma’ruf yaitu
mengajak pada kebaikan ibadah kurban.

Baca juga, Songsong Muhammadiyah Jateng Unggul Berkemajuan, PWM Jateng Gelar Dialog Ideopolitor Gelombang II

Adapun sesuai maklumat Pimpinan Pusat Muhammdiyah No.1/MLM/1.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1444 H, Civitas Hospitalia RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga melaksanakan Salat Iduladha pada Rabu 28 Juni 2023 di halaman rumah sakit. Pada kesempatan ini yang bertindak sebagai imam adalah Ir. H. M. Muslih Efendi Ketua PCM Bobotsari, dan Khatib Irvan Hilmy Fauzi, S. Mat. ketua PRPM RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga.

Dalam khotbahnya, khatib mengungkapkan bahwa untuk melahirkan sifat kurban yang berkualitas, Allah Swt. memberikan kesempatan pada setiap hamba untuk menempuh tiga jalan yang berbeda caranya, tapi serupa esensinya. 1) Jalan pertama ada yang diundang langsung oleh Allah Swt. ke Baitullah untuk menunaikan ibadah haji. 2) Jalan kedua, Allah diberikan kesempatan kedua yang disebutlah ibadah kurban. 3) Jalan ketiga, bila ada yang belum mampu berhaji dan belum mampu berkurban maka, tunaikan puasa arafah.

Seusai pelaksanaan Salat Iduladha, dilanjutkan dengan pemotongan 5 ekor sapi di halaman belakang rumah sakit. Dengan menamai dirinya sebagai “Crew Of The Djagal Sapi” civitas hospitalia secara bersama-sama bergembira mengurus dan mendistribusikan daging hewan kurban.

“Proses jagal, tetel, pengemasan dan pentasyarufan pada tahun ini relatif lebih cepat dibanding tahun sebelumnya, karena tenaga yang membantu juga lebih banyak” ujar Rofi selak panitia Iduladha dan Kurban 1444 H.

Tak berhenti di situ, pada hari berikutnya RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga melanjutkan rangkaian peringatan Idul Adha 1444 H dengan mendistribusikan 1 ekor sapi ke Desa Gandasuli. Dipimpin oleh direktur RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga dr. Setyana Eka Nurvidyaning, MARS, FRSPH sapi qurban di serahkan kepada masyarakat Desa Gandasuli.

“Diiringi gerimis hujan kami menyerahkan hewan kurban dari sohibul qurban karyawan RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga di Desa Gandasuli, semoga diterima oleh Allah Swt. dan menjadikan keberkahan, aamin,” ucapnya.

Kontributor : Halim Pandu Hanifah
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE