Berita

Perkuat Literasi Digital Melalui Aplikasi Portofolio Online

PWMJATENG.COM, SURAKARTA‎ – Sejumlah 85 Siswa Kelas VI SD Muhamamdiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti program Masa Perkenalan Kelas Baru (MPKB) hari pertama secara virtual melalui Zoom Meeting, Senin (12/07/2021). Tujuan kegiatan dengan tema “Selalu Berprestasi di Masa Pandemi” ini untuk menyosialisasikan program pembelajaran sekaligus motivasi awal agar siswa tetap berprestasi di masa pandemi.

Kegiatan diawali dengan membaca Al quran menggunakan irama Nahawan yang dipandu oleh guru PAI, Ustaz M. Iqbal Baehaqi.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan perkenalan wali kelas dan tim guru kelas VI yang akan mendampingi pembelajaran selama tahun ajaran 2021/2022.

Kegiatan sesi kedua diisi dengan pemaparan program kelas VI untuk satu tahun ke depan. Siswa tampak bersemangat menyimak program–program baru yang mereka dapatkan.

Setelah berdiskusi terkait dengan program kelas, siswa dan guru menyusun kontrak belajar. Semua siswa menuliskan usulan peraturan selama pembelajaran sekaligus sanksi yang akan didapatkan ketika melanggar aturan tersebut. Usulan-usulan tersebut diformulasikan menjadi kontrak belajar yang disepakati bersama.

Agus Supardi, koordinator tim guru kelas VI, menuturkan bahwa kegiatan MPKB hari pertama diakhiri dengan pemberian materi tutorial penggunaan aplikasi pengumpulan tugas portofolio secara online.

“Kami menggunakan aplikasi Classdojo karena relatif mudah digunakan untuk menyimpan tugas-tugas dan portofolio siswa,” ungkapnya.

Melalui aplikasi ini, ia berharap bisa memperkuat keterampilan literasi digital siswa.

“Pengiriman tugas siswa tidak lagi menggunakan WhatsApp, melalui aplikasi ini tugas portofolio siswa akan tersimpan dengan aman sampai kapanpun,” pungkasnya. (Agus Supardi / Staf Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE