Milad ke-89, Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo Sumbangkan 132 Kantong Darah untuk Stok PMI

PWMJATENG.COM, SUKOHARJO – Dalam rangka milad ke-89 Pemuda Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Sukoharjo mengintruksi sejumlah 12 PCPM untuk menggelar donor darah massal bekerjasama dengan PMI Sukoharjo. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah wujud jihad kemanusiaan Pemuda Muhammadiyah dalam mengatasi krisis stok darah PMI.

PCPM Weru, Bulu, dan Tawangsari mengawali acara donor darah ada tanggal 1 Mei 2021 pukul 20.00 WIB setelah melaksanakan sholat tarawih di Masjid Al Badeya Cemetuk Tawangsari. Total ada 32 orang yang dinyatakan lolos sebagai pendonor darah. Beberapa orang tidak lolos karena beberapa faktor diantaranya HB rendah, tensi tinggi dan baru saja divaksin covid-19.

Pada hari yang sama, untuk area Kartasura, Baki dan Gatak kegiatan dipusatkan di Gedung Dakwah PCM Kartasura yang diikuti 35 orang pendonor.

BACA JUGA  Bupati Juliyatmono: Nasyiatul Aisyiyah Harus Berfikir Positif, Jangan Memaksakan Kehendak

“Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial Kader-kader Pemuda Muhammadiyah atas krisis stok darah di PMI Sukoharjo. Jadi momen milad ke-89 ini memang kita fokuskan untuk jihad kemanusiaan lewat donor darah,” jelas Muh Tri Wibowo selaku Ketua PDPM Sukoharjo.

Salah satu petugas PMI mengatakan bahwa donor darah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh antara lain membantu sirkulasi darah, membantu membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko terkena kanker, pembaharuan sel darah rutin, meningkatkan kesehatan psikologis, mencegah penuaan dini dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Kami banyak terima kasih kepada para pendonor yang telah bersedia mendonorkan darahnya dalam acara semarak milad Pemuda Muhammadiyah ke-89”, ujar Mushlih Nur Wahid selaku Kabid kesehatan PDPM Sukoharjo.

BACA JUGA  Unimus Bersama Disdik Kota Semarang, Kembangkan Program PDS

Mushlih juga berharap dengan adanya acara donor darah ini, kita bisa membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan tambahan darah untuk kesehatan tubuhnya.

Pada hari Ahad 02 Mei 2021 kegiatan donor darah dilanjutkan di Masjid Shaba’ Sukoharjo untuk area Sukoharjo, Nguter, dan Grogol terkumpul 25 kantong darah. Kemudian lokasi SD Muhammadiyah Bekonang terkumpul 40 kantong darah untuk pendonor area Mojolaban, Polokarto, dan Bendosari. Selain donor darah, ada juga pemeriksaan kesehatan secara gratis dari RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo.

Di satu sisi, pihak PMI menyampaikan agar masyarakat tidak ragu-ragu untuk menggunakan darah donor yang disimpan PMI terkait pandemi corona. Ditegaskan bahwa PMI telah menerapkan protokol kesehatan yang memenuhi standar sehingga publik tak perlu merasa cemas saat memutuskan untuk mendonorkan darahnya.

BACA JUGA  Kartini Musawerna Belajar Memanah

Kontributor Kominfo PDPM Sukoharjo

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts