Berita

Meriah! UMKU Gelar Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional (SILAT STAR 2023)

PWMJATENG.COM, Kudus– Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) kembali melenggarakan silat star ke-4 tingkat nasional. Kejuaran ini dipusatkan di hall Crystal Building UMKU, Jumat (10/11/2023).

Ketua Panitia, Santoso S.Pd menjelaskan ajang kejuaran lomba pencak silat tahun ini berskala nasional, lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

“Terima kasih kepada Rektor UMKU yang mendukung acara kejuaraan pencak silat tingkat nasional, ajang ini merupakan yang keempat kalinya, namun tahu ini skalanya jauh lebih besar, pesertanya juga luar biasa sebanyak 882 pesilat”, ucap Santoso, S.Pd.

Santoso menjelaskan kejuaraan tingkatnya nasional, pesertanya juga lintas provinsi, kesempatan ini dapat digunakan untuk mewadahi atlet potensial yang berbakat.

Senada dengan hal tersebut, Rektor UMKU yang diwakilkan Warek 2 Rizka Himawan, M.Psi berkomitmen menyelenggarakan lomba pencak silat secara rutin.

“Kejuaran pencak silat dalam rangka memperbutkan piala rektor sudah keempat kalinya, UMKU berkomitmen menfasilitasi lomba bagi para atlet pencak silat, kegiatan ini sebagai wadah pembibitan munculnya atlet silat dari wilayah pantura” ujar Rizka Himawan, M.Psi.

Baca juga: Haedar Nasir, Tegaskan Tafsir at-Tanwir Harus Punya Gaya dan Kekhasan Tersendiri

Para atlet yang berprestasinya, nantinya akan mendapatkan beasiswa sesuai kategori yang ada di UMKU.

“UMKU siap memberikan beasiswa Pendidikan bagi para atlet yang juara, kami memiliki banyak program studi, para atlet dapat memilih dan kami terbuka untuk membina atlet silat selama menjadi mahasiswa UMKU” tambahnya.

Apresiasi posisitif juga diungkapkan ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia(IPSI) H. Muh Nur Hasyim,

“Penghargaan yang seting-tingginya kepada UMKU yang terus mendukung acara ini, memfasilitasi kejuaran ini bahkan cakupannya lebih besar dari tahun sebelumnya, kejuaraan tingkat nasional, dan berasal dari beragam perguruan pencak silat, semoga muncul bibit atlet unggul” Katanya.

Hadir dalam acara pembukaan, Kepada Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Kudus, Harjuna Widada, S.H , ia juga berpesan jaga sportivitas selama pertandingan.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Rektor 2 UMKU didampingi Ketua PDM Kudus, ketua IPSI, Kepada Dinas Dikpora, dan juara dunia pencak silat Dr.Roni Saifullah, M.Pd dan Tuti Winarni, S.Pd. (AR)

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.