BeritaKabar Daerah

Kreatif Sambut Bulan Ramadan, Siswa SMK Muhammadiyah Sragen Lakukan Praktik Kewirausahaan Produksi Sirop Alami

PWMJATENG.COM, SRAGEN – Pembelajaran kewirausahaan adalah salah satu pelajaran utama di ajarkan di jenjang SMK. Secara kreatif dikemas oleh guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Muhammadiyah 4 Sragen, Erika Komalasari dengan praktik pembuatan sirop alami tanpa bahan pengawet.

Kegiatan praktek tersebut diadakan pada hari Rabu (01/03) yang diikuti oleh semua siswa kelas XI jurusan TKJ. Erika menyebutkan bahwa kegiatan praktek kewirausahaan ini bertujuan untuk melatih ketrampilan siswa dalam berwirausaha sehingga kelak bisa mandiri dan menjadi wirausahawan sukses.

Mekanisme kegiatan praktik tersebut dimulai dengan para siswa menganalisis peluang usaha. Setelah itu membuat perencaaan kegiatan usaha dan perhitungan laba ruginya, kemudian proses pembuatan produk.

Setelah produk siap, maka para siswa menjualnya di area sekolah dan sekitar pemilihan membuat produk sirup sendiri menurut mereka sangat pas karena sebentar lagi bulan Ramadan .

Dwi Setya Ningrum, salah satu siswa mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tersebut. ”Saya senang bisa belajar cara membuat sirop dengan bahan bahan alami walaupun awalnya rencana saya mau bikin sirop buah sirsak tetapi karena bahannya gak ada maka saya menggantinya dengan buah naga. Meski seperti itu, tapi ternyata rasa buah naga juga enak dan warannya menarik” ungkapnya

Sebagai upaya agar produk yang dibuat memiliki nilai tambah, maka di pembelajaran kewirausahaan ini pula dilatih untuk membuat desain kemasan yang menarik dan melabeli dengan logo produk yang menarik. Salah satu siswa, Raditya mengungkapkan perasaannya mengikuti beberapa tahapan praktek tersebut.

“Kegiatan ini walau sedikit melelahkan tapi menyenengkan ,bisa berlatih baagaimana membuat sirop yang benar dan sehat, merancang kemasan produk dan membuat logo produk, walaupun ada sedikit kendala, tetapi tetap semangat dan pantang menyerah”pungkasnya.(*)

penulis: Fuad Ibrahim

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE