BeritaKabar Daerah

Khitanan Massal & Pengajian Akbar Perdana PRM dan PRA Tohudan, Lebih dari Sekadar Tradisi!

PWMJATENG.COM, Karanganyar¬†‚ÄstMasjid Baiturrahman di Tohudan tampak berbeda pada Ahad, 7 Juli 2024. PRM dan PRA Tohudan mengadakan acara khitanan massal dan pengajian akbar yang diikuti oleh masyarakat sekitar Tohudan.

Ketua panitia, Muhammad Rivai Fathullah, mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkokoh dan memperluas dakwah kemanusiaan semesta. ‚ÄúKegiatan ini dapat terselenggara berkat dukungan berbagai pihak, termasuk aparat desa, klinik khitan setempat, instansi sekolah, perusahaan, dan Bina Taruna Tohudan sebagai petugas lapangan,‚ÄĚ jelasnya.

Acara ini dihadiri oleh perangkat desa Tohudan, ibu-ibu PKK, Ketua PCM dan PCA Colomadu. Rivai menyampaikan bahwa konsep acara ini adalah pengajian akbar sekaligus khitanan massal. ‚ÄúUntuk khitanan massal diikuti oleh 15 anak, sedangkan pengajian akbar dihadiri sekitar 200 orang. Jumlah ini sesuai dengan target peserta yang dibidik oleh panitia,‚ÄĚ tambahnya.

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan UMS dan klinik Bumi Khitan yang ada di Tohudan. Selain itu, mahasiswa KKN dari UIN Raden Mas Shaleh Surakarta juga turut serta. Antusiasme warga sangat tinggi, bahkan setelah kuota khitanan massal ditutup, masih ada yang mendaftar.

Ketua PCM Colomadu, Seno Ariyanto, mengapresiasi kegiatan ini. ‚ÄúKegiatan ini sangat mulia dan merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat, terutama anak-anak, karena menyangkut peribadatan dan kebersihan,‚ÄĚ katanya.

Baca juga, Resmi Digunakan Tahun Ini, Revolusi Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT): Solusi Baru bagi Umat Islam

Beliau berharap bahwa ranting bisa membaur dengan masyarakat tanpa pilih kasih dalam pelaksanaan acara. ‚ÄúAcara seperti ini bisa menjadi contoh untuk acara-acara berikutnya yang tidak memandang agama apapun dan golongannya,‚ÄĚ tambahnya.

Pengajian akbar dalam acara ini diisi oleh Santoso, S.P. dari Majelis Tabligh PRM Desa Tohudan. Ia menyampaikan materi pengajian tentang bagaimana menjadi keluarga bahagia di dunia dan akhirat.

Acara khitanan massal dan pengajian akbar yang digelar oleh PRM dan PRA Tohudan berhasil mempererat hubungan masyarakat sekitar dan memperluas dakwah kemanusiaan semesta. Dukungan berbagai pihak dan antusiasme warga menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menjadi contoh untuk kegiatan-kegiatan lainnya.

Penyelenggaraan acara ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada para peserta, tetapi juga memperlihatkan semangat gotong royong dan kebersamaan dalam masyarakat Tohudan. Mari kita terus dukung kegiatan positif seperti ini untuk masa depan yang lebih baik!

Kontributor : Puspitasari Dwi Ariyanti
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE