BeritaPWM Jateng

KH. Tafsir: Hijrahnya Nabi Jadi Momentum Kebangkitan Umat

PWMJATENG.COM, Klaten¬†‚ÄstPemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar¬†pengajian akbar¬†dalam rangka memperingati¬†tahun baru Islam¬†1445 Hijriah di halaman¬†Masjid Agung Al Aqsa Klaten, Selasa (18/7/2023) malam.¬†Pengajian akbar¬†ini dihadiri ratusan masyarakat Klaten dari berbagai daerah.

Pengajian tersebut mengambil tema Spirit Hijrah Beragama yang Transformatif. Ada pun mutiara hikmah disampaikan langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Dr. KH. Tafsir, M.Ag.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Klaten Jajang Prihono menyampaikan, peringatan tahun baru Islam hendaknya dapat menjadi momentum untuk memperbaiki diri menjadi versi lebih baik. Serta meneladani peristiwa hijrahnya Rasulullah Saw. dari Makkah ke Madinah.

‚ÄĚSalah satu makna yang penting dari hijrah adalah bagaimana kita dapat memaknai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah. Dalam meningkatkan keimanan-ketaqwaan kepada Allah serta mengimplemnetasikannya dalam menebar rahma bagi semesta alam,‚ÄĚ ucap Jajang.

Lebih lanjut, Jajang menjelaskan, hijrah bukan hanya bermakna pindah dari satu tempat ke tempat baru. Tetapi juga bisa bermakna bertekad mengubah diri demi meraih eahmat dan keridaan Allah.

Baca juga, Ketum PP Muhammadiyah dan Ketua PWM Jateng Resmikan Hafshah Tower RS PKU Muhammadiyah Wonosobo

Sementara itu, dalam mutiara hikmah, KH Tafsir menyampaikan salah satu yang dapat diteladani dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw. adalah momentum kebangkitan Umat Islam. Di antaranya kebangkitan ekonomi dan pengetahuan umat.

‚ÄĚKebangkitan umat Islam tidak akan dapat terwujud tanpa adanya dukungan dari pemerintah atau penguasa. Hal ini tergambar dalam perjalanan dakwah Rasulullah yang begitu sulit saat di Makkah. Lantaran tidak adanya dukungan dari kaum quraisy sebagai pengiasa Makkah saat ini,‚ÄĚ ucapnya.

Kondisi berbeda ketika berdakwah di Madinah, umat Islam mengalami perkembangan yang pesat dalam waktu singkat. Hal itu tidak bisa dilepaskan dari dukungan penguasa. Dari peristiwa tersebut dapat diambil hikmah bahwa kolaborasi pemerintah sebagai pemangku kebijakan dan ulama maupun organisasi umat Islam merupakan hal yang penting. Terutama dalam memajukan Umat Islam dalam berbagai bidang.

Usai disampaikan mutiara hikmah tersebut, pengajian peringatan tahun baru Islam 1445 Hijriyah ditutup dengan doa bersama.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.