AUMBerita

Heboh! Tim Teknik Sipil UMS Borong Juara di Kompetisi Nasional

PWMJATENG.COM, Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menambah deretan prestasinya. Tim Virtuous Inspireer Cube dari Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMS meraih Juara 2 dalam Essay Competition Disco 7th yang diadakan di Universitas Diponegoro. Kompetisi ini berlangsung mulai dari 15 Februari hingga 12 Mei 2024.

Tim Virtuous Inspireer Cube terdiri dari mahasiswa angkatan 2023, yaitu Afif Daffa Brillian, Iffa Karimah, dan Afina Kusuma Jati Wardhani. Afina Kusuma Jati Wardhani, sebagai ketua tim, menjelaskan proses yang dilalui hingga mereka berhasil meraih prestasi gemilang tersebut. “Kami harus menyingkirkan 43 kompetitor untuk lolos ke babak grand final,” ujar Afina dalam wawancaranya pada Jumat (17/5).

Afina menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan timnya sangat matang. “Kami mulai dari seleksi awal dengan mencari dan mengumpulkan sumber literasi, menyusun proposal, dan menemui dosen pembimbing untuk mendapatkan saran. Untuk persiapan final, kami melakukan revisi proposal, membuat prototipe, dan melakukan pengujian. Kami juga berlatih presentasi selama satu minggu penuh bersama kakak tingkat, teman-teman organisasi CUBE, dan latihan terakhir bersama pembimbing, Bapak Rama Rizana, ST., MT.,” jelasnya.

Baca juga, Mengkaji Keunggulan Bahasa dan Sastra Al-Qur’an

Tema yang diangkat oleh tim ini adalah “Menuju Jalan Lebih Aman: Pemanfaatan Teknologi Terkini dalam Mengurangi Angka Kematian Akibat Kecelakaan dengan Rolling Barrier Berbasis I.O.T.” Tema ini dipilih untuk menunjukkan inovasi dalam mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. “Namun, tema yang diangkat bisa berubah-ubah mengikuti event yang ada,” tambah Afina.

Afina juga menyampaikan terima kasih kepada UMS dan rekan-rekannya dari Cube yang telah memberikan dukungan luar biasa sehingga timnya bisa meraih Juara 2. “Dukungan dari UMS dan teman-teman sangat berarti bagi kami,” ujarnya.

Di akhir wawancaranya, Afina menyampaikan harapannya agar semakin banyak mahasiswa UMS yang berani menunjukkan bakat dan prestasinya. “Semoga semakin banyak mahasiswa UMS yang berprestasi dan membawa nama baik almamater ini baik di jenjang nasional maupun internasional,” harap Afina.

Keberhasilan Tim Virtuous Inspireer Cube ini menunjukkan bahwa mahasiswa UMS mampu bersaing di kancah nasional dengan ide-ide inovatif dan persiapan yang matang. Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan membawa nama baik UMS ke jenjang yang lebih tinggi.

Kontributor : Tio
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE