Berita

Dosen UMKU Kembangkan Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Sabun Cair

PWMJATENG.COM, Kudus– Dosen Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menggerakkan dan memberdayakan Karang Taruna dan Ibu PKK Desa Sideorekso melalui pelatihan pembuatan sabun. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Sidorekso diikuti sekitar 25 peserta. Pada Rabu, (1/11/2023)

“Pembuatan sabun menggunakan bahan kimia yang aman dan anti gatal, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat sebagai khasanah keterampilan yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari” ujar Aris, M.Pd sebagai ketua kelompok pengabdian masyarakat.

Harapannya, pembuatan produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

“Kegiatan ini sangat baik untuk edukasi masyarakat, kami mengapresiasi kegiatan pada sore hari ini”, ungkap Sekretaris Desa Sigit Nugroho, S.Sos.

Eko Retnowati, M.Farm menjelaskan beberapa penjelasan yang kurang tepat yang terdapat dibeberapa media sosial, karena itu ia menekankan pentingnya pelatihan ini sebagai metode yang benar dalam membuat sabun cair yang aman.

Baca juga: Prof. Taufik: Pentingnya Kematangan Mental Bagi Pelajar

Ia menjelaskan bahan untuk membuat sabun cuci piring ialah Texapon 1 kg, Na sulfat 1/2 kg, Foom buster 1/2 kg, NaCl 1 kg, EDTA 1-2 sendok teh, pewarna, pewangi, dan air 10 hingga 13 Liter. Sedangkan peralatan yang disiapkan, yakni ember, bilah kayu untuk pengaduk, gayung, botol kecil 100 ml, dan saringan.

“Sabun cair ini dapat digunakan untuk mencuci piring, gelas, perabot rumah tangga, bahkan untuk cuci tangan” pungkasnya.

Setelah pembuatan produk, peserta juga diajarkan secara singkat teknik membuat label dan pengemasan secara menarik.

“Saya kira ke depan perlu pendampingan literasi Augmented Reality atau AR yang dapat memberikan interaksi antara dunia nyata dan dunia virtual secara real-time menggunakan Handphone, sehingga produk tersebut bisa dipasarkan secara lebih efektif”, ujar Fida Maisa Hana, M.Kom.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat dosen UMKU melalui kerja sama dengan LPPM UMKU. Adapun tim yang terjun di lapangan yakni: Moh. Aris Prasetiyanto, S.Pd., M.Pd, Muhammad Purnomo, M.HKes., Fida Maisa Hana, S.Kom, M.Kom., Sri Karyati, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Mat., Apt. Eko Retnowati, M.Si., M.Farm., Nor Asiyah, S.SiT., M.Keb., dan Hadi Sabdo Santosa, SE.S. Kep, MM. Ners.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.