Berita

Covid 19 dan Naiknya Kecenderungan Anak dalam Menggunakan Gawai

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Melalui Program  Teras Singosari yang diselenggarakan oleh Jateng Muhammadiyah (JM) Radio , dibawah bimbingan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PWM Jawa Tengah , siaran kali ini mengambil tema  “Covid 19 dan naiknya kecenderungan anak dalam menggunakan gawai” bersama narasumber Fatin Rohmah, Elliani Dwi Pahlevie, dan dr. Rahmawati. Acara ini dilakukan secara daring menggunakan zoom pada 27 Maret 2021 lalu.

Ketika menyampaikan materi, Fatin mengatakan bahwa penggunaan gawai memang sudah ada sejak dulu namun karena adanya Covid 19 penggunaan gawai ini semakin meningkat terutama dikalangan anak – anak karena kegiatan pembelajaran juga dilakukan secara daring yang mengharuskan anak menggunakan gawai.

“Pembelajaran menggunakan gawai aslinya lebih efektif karena anak –anak mudah tertarik dengan hal – hal yang berhubungan dengan gambar, warna dan lain – lain. Dengan ketertarikan anak tersebut membuat pembelajaran semakin mudah dipahami”, lanjut fatin.

Elliani menambahkan, ” yang harus diwaspadai adalah kondisi anak setelah PJJ, karena pada awalnya orang tua mereka membatasi penggunaan gawai sekarang tidak bisa. Untuk anak usia dini masih bisa dipantau dan diawasi tetapi untuk usia yang menginjak remaja kurang perhatian karena orang tua juga sibuk dengan pekerjaan masing – masing. Dengan adanya gawai anak – anak justru lebih sering meluangkan waktunya dengan bermain game atau hal – hal yang berkaitan dengan gawai daripada bergaul dengan teman – temannya”, terangnya.

Sementara itu, rahmawati juga menambahkan, dengan adanya gawai anak lebih mudah mencari apa yang ia ingin tahu karena melalui gawai kita dapat mencari informasi sedetil mungkin. Tetapi yang ditakutkan adalah ketika anak sudah memiliki kenyamanan dalam menggunakan gawai mereka akan lalai dan ketergantungan. Apabila sudah kecanduan gawai akan mengganggu pola pikir anak dan mengganggu kesehatan mental. Mereka tidak akan tertarik dengan kondisi diluar rumah mereka hanya memikirkan gawai mereka yang dianggap paling penting.

Program Teras Singosari ini, dilaksanakan setiap hari dan disiarkan melalui live streaming youtube JMRadio dan Zoom Meeting.  (it)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE