AUMBerita

Camp Tahfidz: Suksesnya Kolaborasi SMP UMP, SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna, dan LPPI UMP dalam Membentuk Generasi Qur’ani

PWMJATENG.COM, Banyumas – SMP UMP, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMP, dan SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna Tegal sukses menyelenggarakan “Camp Tahfidz” yang diikuti oleh 79 siswa Adiwerna. Kegiatan ini merupakan langkah inovatif untuk meningkatkan hafalan siswa dan mencerdaskan mereka menjadi generasi Qur’ani.

Kepala Sekolah SMP UMP, Bayu Dwi Cahyono, M.Pd., menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan dampak positif. “Anak-anak di sini kegiatannya lancar, bisa meningkatkan hafalannya, bisa mencerdaskan mereka untuk menjadi anak yang sholeh dan solehah dan generasi Qur’ani,” ucap Bayu.

Tahfidz Camp menjadi kesempatan baik untuk bertukar program dan metode hafalan Al-Qur’an bagi siswa. “Kesempatan ini adalah kesempatan bagus untuk saling bertukar pengalaman, kemudian mereka bisa saling berinteraksi untuk saling bertanya, saling sharing, bertukar pikiran, dan lain sebagainya,” tambahnya.

Baca juga, Melanggengkan Tradisi Muhammadiyah Membela Palestina

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna Tegal, Daryono, S.Pd. I., M.Pd., menyampaikan terima kasih kepada LPPI UMP dan SMP UMP. Ia berharap siswanya dapat pulang dengan peningkatan hafalan dan kemampuan membaca Al-Qur’an. “Kami sampaikan terima kasih kepada LPPI UMP dan SMP UMP, serta mohon bimbingan untuk 1 pekan kedepan agar nanti anak kami pulang tentunya berbeda dari sebelumnya, serta dapat menambah hafalan secara kuantitas dan bagus bacaan Al-Qur’annya,” ungkapnya.

Dr. Asep Daud Kosasi, M.Ag., selaku kepala LPPI UMP, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan aktivitas peringatan Isra dan Mi’raj. “Anak-anaku peserta didik SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna yang saya cintai dan saya banggakan. Kalau boleh saya sebut ini aktivitas peringatan Isra dan Mi’raj. Kita akan berkomunikasi dengan Allah lewat menambah dan memperbagus hafalan kita,” jelasnya.

Dengan tujuan utama menguatkan dan menambah hafalan siswa, Camp Tahfidz diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan keterlibatan mahasiswa beasiswa kader Muhammadiyah dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, kegiatan ini menjadi sarana kolaborasi yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Kontributor : Mela Matsania
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE