AUMBerita

Beragam Produk Mahasiswa Dipamerkan di Bazar KKN UMKU 2023

PWMJATENG.COM, Kudus – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) Gelar Bazar produk KKN (Kuliah Kerja Nyata) mahasiswa. Kegiatan Bazar dipusatkan di Gedung Crystal Building kampus utama Jl. Ganesha 1 Purwosari, Kudus pada Senin, 30 Oktober 2023 M/15 Rabiul Akhir 1445 H.

Pameran karya mahasiswa diambil dari temuan potensi sumber daya alam yang terdapat di lokasi KKN yang tersebar di 14 desa di Kabupaten Kudus. Beragam produk karya mahasiswa dan hasil kolaborasi dengan UMKM mulai dari fashion, makanan dan minuman, kerajinan tangan dari olahan bahan bekas, hingga aksesoris dipamerkan dalam bazar tersebut.

Stan pameran di desain dalam bentuk melingkar dengan panggung utama terletak di depan, membuat nyaman pengunjung dan terlihat estetik. Panggung utama dijadikan sebagai entertaint pertunjukan seni (panggung hiburan) yang diisi masing-masing kelompok KKN. Masing-masing stan menjajakan produk UMKM yang mencirikan kekhasan masing-masing daerah tempat mahasiswa KKN.

Salah satu yang menarik dari stan mahasiswa ialah produk Lilin Aroma Terapi. Produk ini terbuat dari limbah minyak goreng. Lilin tersebut mayoritas terbuat dari bahan dasar Minyak jelantah minyak limbah yang berasal dari jenis minyak goreng yang sudah digunakan, strerin, sumbu lilin dan aroma terapi yang terbuat dari perpaduan kopi, minya zaitun, dan zinzui. Inovasi kayra tersebut berdasarkan temuan mahasiswa di Desa Hadiwarno.

Baca juga, Twibbon Milad 111 Tahun Muhammadiyah

“Keunggulan dari Lilin Aroma Terapi sangat cocokk untuk relaksasi, mengurangi ketegangan pada pikiran dan tubuh, dan tentunya mampu mengurangi limbah minyak jelantah” kata Desi mahasiswa S1 Farmasi koordinator stan pameran.

Terdapat juga olahan makanan yang terbuat dari jahe, puding jahe caramel, lemon ginger, dan sarang madu jahe. Puding jahe tersebut juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif mencegah tengkes/stunting.

“Kita mendorong mahasiswa yang melakukan praktik KKN di masing-masing desa agar mampu menemukan potensi yang terdapat dalam desa setempat, mereka kita motivasi untuk berkolaborasi dengan masyarakat lalu outputnya adalah membuat produk, nah bazar ini merupakan hasil dari inovasi mahasiswa selama studi lapangan.” Ujar Indanah, M. Kep. Ns. Sp. Kep. An Dekan Fakultas Kesehatan UMKU sekaligus koordinator KKN Mahasiswa.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.