BeritaKabar Daerah

Pengukuhan Pimpinan Pemuda Muhammadiyah se-Solo: Siap Bangkitkan Semangat Baru!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Solo menggelar pengukuhan tujuh Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) se-Solo dan Badan Pelaksana Operasional (BPO) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) pada Jumat, 20 September 2024, di Gedung Dakwah Balai Muhammadiyah Solo. Ketujuh cabang tersebut meliputi PCPM Laweyan, PCPM Kottabarat, PCPM Solo Utara, PCPM Banjarsari, PCPM Kota Bengawan, PCPM Solo Selatan, dan PCPM Jebres.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Solo, Joko Riyanto, memberikan apresiasi tinggi atas terlaksananya pengukuhan yang dilakukan serentak di seluruh Solo. Menurutnya, acara ini menunjukkan kaderisasi yang subur di lingkungan Muhammadiyah. Ia mengajak para pemuda Muhammadiyah untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Pemuda Muhammadiyah Solo adalah kader terbaik di cabang masing-masing, dan kalian adalah pemimpin masa depan persyarikatan ini,” ujarnya. Joko juga mendorong pemuda Muhammadiyah untuk aktif dalam kegiatan masjid. “Aktifkan masjid-masjid kita agar makmur dan memakmurkan. Yakinlah, berjuang di Muhammadiyah akan membawa kesuksesan dunia dan akhirat,” tegasnya.

Baca juga, Transisi Energi: Antara Peluang dan Acanaman Ketidakadilan

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Muhammad Da’i, menyampaikan materi penguatan ideologi. Ia menekankan pentingnya karakter Islam berkemajuan yang harus dihayati oleh setiap kader pemuda Muhammadiyah.

“Pemuda Muhammadiyah harus mencerminkan Islam yang berlandaskan tauhid dan selalu merujuk pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Selain itu, kita harus menghidupkan ijtihad dan tajdid serta aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya. Da’i juga menekankan pentingnya prinsip al-wasathiyah, yakni sikap moderat yang menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Ketua PDPM Solo, Andi Tri Prasetyo, secara resmi mengukuhkan ketujuh pimpinan cabang dan BPO KOKAM. Ia menyerahkan surat keputusan masa jabatan 2023-2027 kepada pimpinan terpilih. Setelah itu, mereka bersama-sama mengucapkan janji untuk menjalankan amanah organisasi dengan penuh tanggung jawab.

Kontributor : Aryanto
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE