AUMBerita

Jelang KKNMAs 2024, UMS Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Pengabdian Masyarakat

PWMJATENG.COM, Surakarta – Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKNMAs) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai mempersiapkan program pengabdian masyarakat. Persiapan ini diawali dengan pembekalan yang diadakan di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS pada Rabu, (31/7/24).

Selain pembekalan untuk mahasiswa dari 46 Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA), terdapat juga pelatihan penulisan artikel pengabdian masyarakat bagi Dosen Pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pelatihan ini berlangsung di Ruang Meeting B2 Lantai II Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Ketua Konsorsium Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Nasional, Sarjito, mengungkapkan bahwa UMS menjadi tuan rumah KKNMAs 2024. “Hari ini, dosen pendamping diberikan pendampingan paralel session untuk pelatihan penulisan artikel,” ungkapnya.

Sarjito menambahkan, konsorsium ini merupakan agenda rutin yang menekankan pentingnya publikasi ilmiah. “Reputasi Perguruan Tinggi tidak hanya dinilai dari kinerja, tetapi juga dari jumlah publikasi nasional dan internasional yang dihasilkan. Penyelenggaraan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi PTMA dan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga, Penafsiran Ayat Tentang Jihad dalam Konteks Kontemporer

Wakil Rektor I UMS, Harun Joko Prayitno, menegaskan bahwa PTMA memiliki ciri khas yang dinamis. “Kami tidak hanya fokus pada riset, tetapi juga pada dampak pengabdian yang dilakukan. Agenda KKNMAs ini bertujuan untuk mendorong kampus-kampus agar lebih dekat dengan masyarakat,” tegasnya.

Pelatihan penulisan artikel pengabdian masyarakat menghadirkan narasumber Ahmad Zaki, Dosen Magister Teknik Sipil dan Ketua ICTCED/ICBCD 2024 dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Beliau membawakan tema “Penulisan Naskah Publikasi Ilmiah”.

Narasumber kedua, Agus Triyono, Editor in Chief Jurnal Pengabdian Warta LPM UMS – Sinta 3, membahas tema “Substansi Naskah Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat yang Publishable untuk Jurnal Nasional Terakreditasi”.

Setelah pelatihan penulisan, pimpinan PTMA melanjutkan diskusi di ruangan terpisah untuk merumuskan rencana strategis pengembangan pengabdian. Diskusi ini diikuti oleh Rektor atau Wakil Rektor PTMA.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE