AUMBerita

Giatkan Literasi, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Dorong Siswa Menulis Artikel Ilmiah

PWMJATENG.COM, Surakarta – Pekan awal tahun ajaran baru 2024/2025, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat menggelar gebyar literasi di Masjid Mu’tashim Billah pada tanggal 23 Juli 2024. Acara ini merupakan bagian dari Pekan Iftitah Orientasi SMA Muhammadiyah PK (PIOSPEKA) bagi siswa kelas XI, yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut.

Gebyar literasi kali ini mengusung tema “Peran dan Pentingnya Artikel Ilmiah dalam Ilmu Pengetahuan.” Acara ini dihadiri oleh 118 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah PK Kottabarat dan menghadirkan Elita Ulfiana, dosen UIN Raden Mas Said, sebagai pembicara utama.

Elita Ulfiana, lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Sastra Indonesia yang gemar jalan-jalan, berbagi tips menulis artikel ilmiah. “Dengan artikel ilmiah, kita tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan saja, tetapi kita bisa keliling dunia,” ungkap Elita. Ia menambahkan, “Saya kalau membuat artikel ilmiah itu berdasarkan kesukaan saya. Saya suka jalan-jalan dan belanja, maka saya buat artikel ilmiah tentang jalan-jalan dan belanja.”

Dalam sesi tanya jawab, Iehab, siswa kelas XI-I, bertanya, “Apakah siswa dapat menulis artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal?” Elita menjawab, “Siswa dapat menulis artikel ilmiah dan dipublikasikan dengan syarat harus punya email dan afiliasi penulis.”

Baca juga, Monitoring dan Evaluasi Kinerja UPP, PWM Jateng Gelar Rapat Kerja Semester II Tahun 2024

Gebyar literasi ini merupakan acara tahunan yang dirancang untuk mempersiapkan siswa kelas XI menjalankan program Gerakan Membaca Artikel Ilmiah (Gemai). Program Gemai bertujuan untuk memperkenalkan proses penelitian, mengembangkan ketertarikan dalam bidang keilmuan, meningkatkan keterampilan membaca dan menulis artikel ilmiah, serta mempersiapkan siswa untuk pendidikan tinggi.

Manfaat dari program Gemai sangat luas. Program ini membantu siswa mengenal lebih dalam tentang proses penelitian, meningkatkan keterampilan membaca dan menulis artikel ilmiah, serta mempersiapkan mereka untuk pendidikan tinggi. Selain itu, program ini juga mendorong pengembangan minat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Dengan adanya gebyar literasi ini, diharapkan siswa SMA Muhammadiyah PK Kottabarat dapat lebih termotivasi untuk menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Langkah ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk membentuk generasi muda yang kritis, kreatif, dan inovatif dalam menyumbangkan pengetahuan mereka kepada dunia.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE