AUMBerita

MPLS di SD Muhammadiyah 1 Ketelan: Ajang Mengembangkan Potensi Pelajar Pancasila!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah, menjadi ajang penting untuk mengembangkan potensi diri siswa menjadi pelajar Pancasila, Rabu (23/7/2024).

Kegiatan MPLS dimulai dengan pengenalan guru pengampu mata pelajaran kelas 1, program-program sekolah, lingkungan sekolah, sarana prasarana, tata tertib, dan profil pelajar Pancasila. Selain itu, siswa juga diajak membuat karya seni dari kertas origami untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Kepala Sekolah Sri Sayekti menyampaikan bahwa MPLS merupakan sarana untuk mengembangkan Pelajar Pancasila sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global. “Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Aku datang untuk belajar. Cita-cita dalam genggamanku,” katanya.

Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah sangat diperlukan di sekolah penggerak yang telah berdiri sejak 1935 ini. MPLS penting untuk membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, teman, guru, dan lainnya.

Baca juga, Pandangan Muhammadiyah tentang Hadis: Konsep, Kehujjahan, dan Akar Pemikiran (4)

“Alhamdulillah, kita menerima siswa kelas 1 ABCD sebanyak 112 siswa. Pelaksanaan MPLS dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 26 Juli 2024,” ujar Sayekti.

MPLS di SD Muhammadiyah 1 Ketelan juga mampu membumikan visi sekolah, yaitu mewujudkan lembaga pendidikan unggul kompetitif dengan sumber daya insani yang bertakwa dan berakhlak mulia. Sekolah ini berkomitmen untuk menguasai IPTEK, sehat jasmani dan rohani, berwawasan global, dan peduli lingkungan hidup melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila yang berkemajuan.

Kepala Sekolah yang juga anggota Pendidikan Khusus Kepala Sekolah (DIKSUSPLA) Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu menekankan pentingnya peran semua pihak dalam merealisasikan visi dan misi melalui MPLS.

“Anak-anak yang telah bergabung di SD Muhammadiyah 1 Solo semoga menjadi generasi penerus bangsa yang harus dilindungi dan dibimbing sebaik mungkin agar dapat berkontribusi pada negara di kemudian hari. Teruntuk anak-anak di seluruh Indonesia, jangan pernah ragu akan potensi diri kalian untuk mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Selamat Hari Anak Nasional tahun 2024! Ikutilah MPLS dengan baik,” ujarnya.

Kontributor : Jatmiko
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE