Ortom

Purna Tugas, PC IPM Al-Mu’min Putra Selenggarakan Musycab

PWMJATENG.COM, Temanggung – Masa bakti pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) santriwan Cabang Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Temanggung telah memasuki masa paripurna. Para pengurus mengakhirinya dengan agenda Musyawarah Cabang (Musycab). Para santri dari unit pendidikan Madrasah Tsanawiyah; Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan menerima undangan kegiatan Musycab. Kegiatan Musycab berlangsung selama dua hari mulai Senin-Selasa (24-25/1/2022) di halaman kampus dua.

Direktur Pondok Pesantren, Kyai Syamsuri Adnan yang memberikan sambutan pada acara Muscab, menekankan pentingnya keteguhan belajar dan menggunakan waktu sebaik mungkin; serta tidak menyia-nyiakan untuk kegiatan lain yang tidak bermanfaat.

“Waktu tidak berulang dan usia seseorang tidak akan diulang kembali, maka tidak ada kata main-main dalam belajar,” lanjutnya. Tabligh Akbar Musycab yang merupakan rangkaian awal acara, diisi ahli di bidang teologi bernama Syaefudin dari Kedu Temanggung. Seluk beluk masalah teologi yang menarik bagi para santri, diperhatian dengan penuh keseriusan.

“Dilaksanakannya Muscab yang bertujuan untuk mencetak para kader pemimpin IPM yang amanah dalam menjalankan tugasnya; satu sama lainnya harus saling melengkapi dan berjalan bersama,” ungkap ketua Panitia Muscab Muhammad Dzaki Nizar kelas XII dari Magelang. Para pengurus IPM Cabang yang berasal dari para santriwan kelas XII MA dan SMK; selama kepemimpinannya berbagai kegiatan berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh para adik-adik kelas. Rasa percaya diri dan keberanian tampil di muka umum pada acara tausyiyah dan muhadhoroh harian dan mingguan; menumbuhkan keberanian dari para santriwan berbicara resmi di forum resmi pada acara-acara pengajian dan sejenisnya.

Kemudian, kegiatan-kegiatan ekternal yang diselenggarakan di luar pondok juga membutuhkan bimbingan dan pengarahan dari para santri; sebagian besar diketuai oleh para santri meskipun tetap dalam pengawasan dan pengarahan para guru. Hal tersebut terlaksana  dan tidak terpisah dari peran serta pengurus IPM cabang dalam melaksanakan tanggung jawab dan amanah yang mereka emban.

Baca juga, Kunjungan Kelapa BSKAP ke PP Muhammadiyah Konsultasikan Kebijakan Pendidikan Nasional

Berbagai laporan kegiatan IPM Cabang di hari pertama yang dipertanggung jawabkan kepada para anggota yang terdiri dari berbagai jenis program kegiatan; masing-masing ketua bidang dan anggota melaporkan tanggungjawabnya secara tertulis dihadapan para anggota. Para anggota yang merasakan manfaatnya dari program-program IPM yang telah dilaksanakan; salah satunya menumbuhkan kemandirian dan tanggungjawab pada masing-masing individu dalam kesehariannya.

Para santri dari tingkat tsanawi yang kemandiriannya membutuhkan bimbingan dari para pengurus IPM, kesabaran menjadi prioritas untuk pendampingan di samping merupakan tanggung jawab para pengurus. Berbagai persoalan santri yang selalu muncul dan tidak bisa diprediksi duduk permasalahannya; dengan kerja bersama para pengurus dalam mengatasi permasalahan; permasalahannya bisa diselesaikan sesuai tata tertib yang berlaku.

Mudah-mudahan dalam mengemban tugas di bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan (PIP) IPM Cabang selama ini bermanfaat bagi para anggota dan nantinya lebih maju saat dijabat oleh pengurus baru,” ungkap Faiq Ubaidilah kelas XII dari Tegal beserta Ahmad Dzulfikar XII dari Temanggung. (A Khamid, MA Almatera)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE