Berita

Semangat Dakwah Ranting Muhammadiyah Purwosari di Pucuk Gunung Prau

PWMJATENG.COM, KENDAL – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Purwosari menggelar acara pengajian ranting dengan menghadirkan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah KH Tafsir, di Masjid Al Hikmah desa kenjuran Purwosari Sukorejo Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Ahad (21/3).

Ranting Muhamadiyah Purwosari merupakan ranting yang terletak di pelosok desa, di pucuk gunung prau yang merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Kendal dengan Wonosobo.

Meskipun lokasinya yang jauh dari perkotaan dan sulit dijangkau, namum ranting yang berdiri sejak tahun 1991 ini memiliki semangat yang luar biasa dalam mengembangkan dakwah kemuhammadiyahan. Pada awal berdirinya, ranting ini hanya diikuti oleh beberapa kepala keluarga (KK) saja, namun seiring berjalannya waktu , sekarang sudah mulai banyak diikuti oleh beberapa KK.

” Pada tahun 1991, awalnya hanya 15 KepalaKeluarga yang ikut Muhammadiyah, dan sekarang  sudah ada 50 KK yang ikut, dari 40o KK yang ada”, ungkap Fathul yang saat ini menjabat sebagai Ketua PRM Purwosari.

” Kemudian pada tahun 1994 kami mendapatkan tanah wakaf dan dijadikan sebagai balai dakwah, dan pada tahun 2000 kami bisa membangun masjid dengan bangunan yang sederhana, pada tahun 2015 kami bisa membeli tanah yang sedang didirikan sebuah masjid yang saat ini sedang dibangun”, imbuhnya.

Semangat Dakwah Ranting Muhammadiyah Purwosari di Pucuk Gunung Prau
Ibu-ibu sedang mengikuti pengajian ranting Purwosari

Saat ini ranting muhammadiyah purwosari sedang menyelesaikan pembangunan Masjid Al Hikmah yang nantinya akan menjadi pusat dakwah Muhammadiyah di daerah tersebut.

Ranting Purwosari ini juga merupakan satu-satumya ranting yang memiliki Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang telah diakui oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan rencananya kedepan Masjid yang sedang dibangun ini juga akan dijadikan sebagai pusat pendidikan dan latihan (pusdiklat) Muhammadiyah kendal, termasuk kegiatan diklat MDMC kendal dan Jawa Tengah.

Semangat dakwah yang dimiliki oleh ranting muhammadiyah Purwosari ini mendapat apresiasi dari Ketua PWM Jawa Tengah Tafsir. ” PRM Purwosari merupakan sebuah ranting yang berada di sebuah perbukitan berdampingan dengan negeri di atas awan Dieng, tetapi memiliki semangat dakwah yang sangat luar biasa, dilihat dari pengajian yang diselenggarakan hari ini. Maka atas nama PWM Jawa Tengah menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas semangat yang ditampilkan oleh warga Muhammadiyah Purwosari”, jelasnya.

Saat ini Ranting Muhammadiyah Purwosari telah memiliki tiga amal usaha yang meliputi balai dakwah, masjid dan Tempat Pendidikan Al Qur’an (TPA). (it)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE