Berita

Tingkatkan KOmpetensi Guru BK, SMK Muhammadiyah Selenggarakan Seminar “Remaja dan Media Sosial”

PWMJATENG.COM, Wonosobo – Dalam rangka menjalin silaturrahi sekaligus memfasilitasi peningkatan kompetensi guru Bimbingan Koselling,  SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo m , menyelengarakan seminar sehari  yang diikuti oleh para Guru Bimbingan dan Konseling SMP dan MTs Se-Kab Wonosobo, Senin (23/10 2017) lalu.

Dengan pembicara Dr. Muhammad Ali dari Universitas Muhammadiyah Surakarta ( UMS ). Turut dalam agenda seminar tersebut  ketua Majelis Dikdasmen PDM Wonosobo Aswandi, B.A , Ketua komite sekolah, Ketua MGBK SMP/MTs, Kepala Sekolah dan jajarannya.

Dr. Muhammad Ali yang akrab di sapa dengan Dr. Ali menyampaikan “ di era  teknologi dan informasi saat ini hendaknya para guru BK selalu mendampingi penggunaan media sosial pelajar ke arah yang positif karena bisa berdampak pada kondisi yang fatal, dan peran guru Bimbingan dan Konseling sangat penting dan mutlak dibutuhkan.”

“ Dengan bimbingan dan pendampingan yang benar diharapkan anak didik akan menjadi lebih baik dalam memanfaatkan media sosial untuk kepentingan  dalam meniti karier dan hidupnya di masa mendatang.” Jelasnya.

Seminar yang diselenggarakan SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo ini juga dalam rangka mengcounter effek buruk penggunaan media sosial dikalangan remaja yang berimbas pada kenakalan remaja.

Remaja  dalam masa proses transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa,  mereka mulai mempersiapkan diri untuk masa depannya dengan menitik beratkan pada pola pikir.

“ Pola pikir remaja sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah : informasi dari orang tua, guru, teman sebaya, media komunikasi dan lain-lain. “ Pungkas Dr. Ali.

Di zaman yang penuh dengan kemudahan informasi media sosial sangat berperan dalam proses perkembangan siswa . Pada proses ini guru merupakan salah satu faktor yang mampu mempengaruhi pola pikir remaja dalam melakukan tugas perkembangannya mempersiapkan masa depan.

Ruwono, S.Pd, M.M Kepala SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo mengapresiasi atas partisipasi  dan antusiasme Guru BK SMP dan MTs se-Kab Wonosobo dalam acara tersebut. Harapannya, seminar ini dapat menjadi pogram penguatan wacana keilmuan dan terapan guru BK untuk kalangan remaja pelajar. Beliau juga menyampaikan pentingnya pendampingan guru BK dalam siswa penggunaan media sosial ke arah yang baik dan bermanfaat.

Ketua penyelenggara, Setya Rahmawanto, M.M sekaligus Humas Sekolah  menyampaikan,  acara seminar ini adalah bentuk perhatian pihak SMK Muhammadiyah kepada pelajar Wonosobo khususnya sehingga  kedepan sekolah-sekolah maupun peserta seminar dari SMP maupun Mts bisa bersinergi dalam pembinaan mental spiritual anak didiknya disamping  bertujuan penguatan wacana keilmuan dan terapan Guru. (yohan)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE