Berita

50 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Semarang Ikuti Audisi Calon Pengusaha

PWMJATENG.COM, SEMARANG – SMK Muhammadiyah 1 Semarang mengadakan audisi calon pengusaha muda, Senin (20/1/2020) di aula 2 sekolah tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring siswa yang memiliki bakat dan minat untuk menjadi wirausahawan muda sesuai dengan visi sekolah. 50 siswa telah mendaftar yang kemudian dilakukan seleksi oleh team guru kewirausahaan untuk memilih 30 siswa.

Dari 30 siswa tersebut dilakukan audisi yang dilakukan oleh team dari Lembaga Tangan Terampil yang dipimpin oleh ibu Nathalia atau lebih terkenal dengan panggilan Bu Naneth. Team penilai selain Bu Naneth sendiri juga didampingi juri lain, yakni Bp. Adi Ekopriyono yang merupakan dosen pasca sarjana UNTAG Semarang yang juga jurnalis senior serta pernah memimpin IMA (Indonesian Marketing Association) Jawa Tengah. Selain pak Adi ada juga juribak Desty praktisi marketing online, serta mas Arif Budiono pendamping UKM dari dinas UMKM Jawa Tengah.

Rencananya setelah terpilih 15 peserta, mereka akan diberikan couching clinic dan pendampingan selama 3 bulan untuk digodog menjadi calon pengusaha muda. Materi yang akan digembleng kan kepada 15 siswa tersebut berupa mental block, motivasi wirausaha, how to start business, public speaking , marketing online dll. Setelah 3 bulan teori mereka akan ditugasi untuk praktek usaha dengan diawali pemagangan lalu dilanjutkan dengan membuka usaha mandiri.

“Nantinya setelah lulus sekolah diharapkan mereka sudah siap untuk menjadi pengusaha meskipun dimulai dari usaha kecil-kecilan” kata Dwi Kartika, S.Pd yang merupakan Waka Humas Du-Di SMK Muhammadiyah 1 Semarang.

“Untuk itu anak-anak tidak hanya dibekali dengan teori kewirausahaan, namun yang lebih penting adalah mereka memiliki mental kuat dan tough sebagai syarat untuk menjadi pengusaha” imbuhnya Tika.

SMK Muhammadiyah 1 Semarang memang saat ini tengah gencar melakukan gebrakan-gebrakan untuk mengembangkan diri menjadi sekolah unggul di Kota Semarang. (*)

Aji Rustam

Jurnalis MPI PWM Jateng, Wartawan Seniour TribunJateng

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE