Tingkatkan Kualitas Personil SAR Muhammadiyah, MDMC Jateng Gelar Diklat SAR

MDMC Jateng Gelar Diklat SAR

PWMJATENG.COM, REMBANG – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah menyelenggarakan  Pendidikan dan Latihan (Diklat) Calon Instruktur SAR Muhammadiyah dan Diklat SAR Water Rescue Tingkat Madya selama 6 hari di Kabupaten Rembang. Acara dibuka langsung oleh Ketua MDMC Jawa Tengah Naibul Umam, Selasa (22/12).

Diklat SAR diikuti oleh calon instruktur SAR Muhammadiyah Jawa Tengah yang sudah didata oleh Bidang diklat dan seluruh alumni Diklat SAR Dasar Water Rescue dan Diklat SAR Medis dengan protokol covid-19 ketat.

MDMC Jateng Gelar Diklat SAR
Upacara Pembukaan Diklat SAR

Ketua MDMC Jawa Tengah Naibul Umam menyampaikan bahwa kegiatan diklat SAR yang selama ini sudah dilaksanakan oleh MDMC Jawa Tengah, bertujuan untuk meningkatkan kualitas personil SAR Muhammadiyah. Dua kegiatan ini kami lakukan bersamaan dalam rangka untuk menguji calon -calon instruktur dalam penyelenggaraan diklat SAR.

“Penyelenggaraan calon instruktur sudah kita lakukan untuk tahap ke tiga. Dimulai pada tahap pertama kegiatan di dalam kelas yaitu melakukan peningkatan pengetahuan sekaligus melakukan micro teaching, kemudian tahap kedua calon instruktur ini melakukan kegiatan praktek untuk SAR gunung rimba, dan saat ini kegiatan calon instruktur memasuki tahap ketiga yaitu pelatihan peningkatan kemampuan di air melalui kegiatan diklat water rescue tingkat madya. Sehingga kali ini teman-teman calon instruktur langsung menghadapi peserta, langsung melakukan kegiatan penyelenggaraan diklat water rescue tingkat madya. Selanjutnya nanti di tahap ke empat, calon instruktur ini akan melakukan long march sejauh 50 km dari lokasi sampai dengan Kabupaten Kudus”, lanjut umam.

MDMC Jateng Gelar Diklat SAR
Calon Instruktur SAR Muhammadiyah
MDMC Jateng Gelar Diklat SAR
Peserta diklat SAR tingkat madya

Keseluruhan pelatihan diklat calon instruktur ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas instruktur SAR Muhammadiyah di Jawa Tengah dan bisa bermanfaat untuk kegiatan pelatihan SAR dimana saja. (it)

 

Total
2
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts