BeritaOrtom

Lanjutkan Program Pemberdayaan Masyarakat, IMM Sukoharjo Lakukan Pelatihan Guru TPA

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Sukoharjo sebagai salah satu bagian dari masyarakat, memiliki tanggungjawab moral untuk turut andil dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat. Untuk mewujudkannya, PC IMM Sukoharjo beberapa waktu yang lalu melalui Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (SPM) menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Kemudian, sebagai tindaklanjut dari kegiatan tersebut, kemarin (6/3) PC IMM Sukoharjo mengadakan kegiatan Pelatihan Guru TPA se-Kecamatan Bendosari.

Mengambil tema, “Guru Ngaji Ku Hebat, TPA Ku Jaya”  kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan agar peserta dapat lebih memahami materi-materi yang akan diajarkan ke santri-santri TPA, serta meningkatkan kapasitas mereka dalam pengelolaan dan manajerial TPA yang baik.

Bertempat di Masjid Al-Barokah, Karang Tengah, Mertan, Bendosari, Sukoharjo; dalam penyelenggaraannya PC IMM Sukoharjo menggandeng beberapa lembaga lain, seperti : Lazismu Sukoharjo, Kementrian Agama Kantor Wilayah Sukoharjo dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Adapun sasaran peserta pada kegiatan ini yakni para pengajar TPA yang ada di Kecamatan Bendosari, dengan total peserta 50 orang. Pelatihan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir menjelang waktu asar. Meskipun diadakan di tengah pandemi, antusiasme masyarakat terlihat sangat tinggi.

Selain untuk meningkatan kapasitas para guru TPA, kegiatan ini juga bertujuan untuk lebih mengeratkan silaturahim antara kader IMM Sukoharjo dengan masyarakat; serta membuktikan bahwasanya kader-kader IMM tidak hanya mampu bergerak pada tataran dakwah mahasiswa, namun juga bergerak di ruang lingkup masyarakat..

Hadir pada sesi pembukaan, Ketua PCM Bendosari; H. Kamiyono S. Ag.; Ketua Umum PC IMM Sukoharjo, M. Adam Ilham Mizani S. Pd.; Sekretaris Umum PC IMM Sukoharjo, M Taufiq Ulinuha; tokog masyarakat Bendosari; serta segenap panitia penyelenggara.

Baca juga, Ambil Jalan Dakwah Lain, PDPM Jepara Dukung PSHW Plajan Sebagai Sarana Dakwah Kultural Berbasis Komunitas

Dalam sambutannya, Ketua Umum PC IMM Sukoharjo berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas para pengajar TPA.

“Harapannya agar IMM harus bisa membaca realita kebutuhan masyarakat, terutama soal kualitas pengajar TPA melalui training ini,” ucap Ketua Umum PC IMM Sukoharjo.

IMM Sukoharjo
Ketua PDM Sukoharjo, H. Wiwaha Aji Santoso, S.Pd. hadir di sela-sela kegiatan. Foto : lpmti

Pada pelatihan ini, PC IMM Sukoharjo menghadirkan dua narasumber, yakni  Bapak Fatkhu Razikin S. Pd; Trainer Metode BBQ Karimah dan Bapak Waluyo.

Adapun pada materi pertama Bapak Fatkhu, menyampaikan cara penyebutan makhorijul huruf yang baik dan benar, kemudian mengajak seluruh peserta untuk mempraktekkannya langsung.

Dilanjutkan materi kedua setelah ishoma yang disampaikan oleh Bapak Waluyo, beliau menyampai mengenai peran pemuda sebagai pengubah paradigma dan mindset.

Di sela-sela acara, nampak hadir Ketua PDM Sukoharjo, H. Wiwaha Aji Santoso, S.Pd. yang memberikan semangat kepada panitia dan peserta pelatihan.

Acara ini sendiri dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama yang sangat apik dari panitia penyelenggara yang terdiri dari PC IMM Sukoharjo, PK IMM Se-Sukoharjo, dan PCM Bendosari selaku tuan rumah dari kegiatan pelatihan. (mtu)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE