Editorial

Kolaborasi IMM Jawa Tengah Bangkit Berkarya

PWMJATENG.COM – IMM Jawa Tengah membutuhkan iklim, suasana dan warna yang baru dengan spirit Kolaborasi IMM Jawa Tengah Bangkit Berkarya. Hal itu di sampaikan IMMawan Teguh Prasetyo, S.T.

“Kolaborasi merupakan milik semua orang, bukan kami, atau kalian, melainkan kita ini mecerminkan bahwa di wilayah jawa tengah ini sangat heterogen. Bangkit dan berkarnya melalui kontribusi-kontribusi yang menghasilkan karya dan kebersamaan tersimbolkan melalui kolaborasi bangkit berkarya. Maka perlu banyak kolaborasi yang digaungkan dari tataran komisariat, cabang, daerah dan nasional untuk membangun tatan IMM Jawa Tengah. Hal ini akan menjadi mesin besar dan akan menghasilkan kebermanfaatan yang lebih besar lagi,” ungkap Teguh.

“Menurutnya gerakan IMM Jawa Tengah perlu memiliki visi besar untuk menjadi organisasi yang menjunjung tinggi semangat gotong royong dan kerjasama di antara elemen-elemen yang ada dalam mewujudkan DPD IMM Jateng yang diimpikan bersama. Kolaboratif artinya adalah berbagi mimpi, berbagi beban, dan berbagi semangat dalam bergerak secara aktif untuk mencapai tujuan bersama; dan karenanya kolaborasi harus dilakukan sejak dalam internal DPD IMM Jateng maupun dengan lembaga/komunitas di dalam maupun luar. Untuk mencapai itu semua DPD IMM Jateng berkewajiban untuk merangkul seluruh elemen yang ada di DPD IMM Jateng agar kolaborasi yang menyeluruh untuk mencapai tujuan bersama itu dapat terwujud sepenuhnya,” jelasnya.

“DPD IMM Jateng yang bangkit mempunyai mimpi untuk menjadikan DPD IMM Jateng yang di dalam jiwa setiap individunya tertanam semangat untuk memberi kebermanfaatan kepada lingkungan sekitar, baik itu kepada komisariat, cabang yang berada di IMM Jateng, DPP IMM, maupun Indonesia. Ketika setiap orang sadar untuk mau secara aktif berkontribusi kepada lingkungannya maka DPD IMM Jateng tidak akan pernah kekurangan amunisi untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada di depan. Lembaga, komunitas, dan berbagai wadah lainnya berperan dalam menciptakan ruang-ruang kontribusi bagi seluruh elemen yang ada di IMM Jateng; dan oleh karenanya menjadi penting untuk melakukan kolaborasi yang esensial demi memberikan kebermanfaatan yang seluas-luasnya dan sebesar-besarnya.” pungkasnya.

Dalam merealisasikannya, ada enam misi untuk IMM Jawa Tengah menurut Teguh, di antaranya :

  1. Menciptakan iklim kerja yang profesional beriringan dengan aspek kekeluargaan
    Profesional berarti setiap bidang/biro/departemen akan bergerak sesuai dengan bidang keahlian masing-masing Profesional juga meliputi setiap program yang dibuat memiliki tujuan, indikator keberhasilan dan dapat dievaluasi. Selain itu, DPD IMM JATENG bekerja secara sukarela untuk membangun dan memajukan IMM Jawa Tengah. Oleh karena sifatnya yang sukarela itu, maka penting untuk menciptakan atmosfer kekeluargaan di dalam kepengurusan dua tahun ke depan.
  2. Bergerak dalam pemahaman
    Memastikan nilai-nilai yang terkandung di dalam setiap bidang/biro/departemen dapat terinternalisasi dengan baik ke jajaran pengurus sesuai dengan bidang/biro/departemennya masing-masing. Mengajak pengurus untuk mengkaji apakah program kerja tersebut sesuai dengan kebutuhan, aspek positif dan negatif dari keberlangsungan program kerja, dan sifatnya memberikan kebermanfaatan bagi komponen yang menjadi target gerakannya.
  3. Menjadi wadah partisipasi bagi Kader IMM Jateng harus aksesibel
    Dalam artian dapat dijangkau oleh Kader-kader IMM Jateng baik tingkatan Komisariat maupun cabang di wilayah jawa tengah. Kader-kader IMM dapat berpartisipasi baik dengan menyampaikan ide maupun ikut berpartisipasi langsung di dalam program kerja yang dibuat oleh DPD IMM Jateng.
  4. Mewujudkan kepedulian advokasi yang dapat dilakukan oleh seluruh kader-kader IMM Jawa Tengah.
    DPD IMM Jateng memiliki tugas untuk menjalankan advokasi bagi hak, kepentingan dan kesejahteraan kader-kader imm dan masyarakat luas. Maksud dalam kalimat “mewujudkan kepedulian advokasi‟ pada poin misi ketiga ini yakni mengajak seluruh kader-kader IMM Jateng untuk dapat melakukan advokasi melalui prosedur dan sistem birokrasi IMM Jateng yang akan ditransparansikan oleh DPD IMM Jateng. Setiap dari kita mengetahui ada masalah, namun tak banyak yang mau dan mampu bergerak menjadi solusi dari masalah tersebut, DPD IMM Jateng mengajak seluruh kader IMM Jateng menjadi solusi dari masalah yang disadari, diketahui dan diinginkan untuk dirubah.
  5. Membangun kesadaran kolektif kader-kader IMM Jateng
    Merangsang lembaga dan/atau komunitas untuk melakukan kaloborasi sesuai dengan fokus perhatian lembaga dan/atau komunitas sasaran masing-masing. DPD IMM Jateng membuka ruang seluas-luasnya untuk bergerak, berkaloborasi dan berkarya bersama.
  6. Berkontribusi dalam mengembangkan kapasitas individu
    Melalui program kerja DPD IMM Jateng diharapkan dapat membantu dalam mengembangkan kapasitas individu, baik secara nilai, pengetahuan dan keterampilan. Peningkatan kapasitas individu diharapkan diterima oleh pengurus maupun non pengurus.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE