AUMBerita

Ini Rahasia Sukses SD Muhammadiyah 1 Solo! Baitul Arqam Guru-Karyawan, Penuh Semangat dan Inovasi!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Sukses dan semangat terus berkobar di SD Muhammadiyah 1 Solo melalui penyelenggaraan Baitul Arqam Guru-Karyawan yang digelar di Aula Agro Amanah Karanganyar, Jawa Tengah pada Rabu-Kamis (27-28/12/2023). Event ini dimeriahkan oleh Wakil Kepala Bidang Humas, Jatmiko, sebagai master of ceremony.

Kepala SD Muhammadiyah 1 Solo, Hj Sri Sayekti MPd, menyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan ini, keluarga besar sekolah yang telah berdiri sejak 1935 tetap eksis dan berkembang. Tujuan utama dari Baitul Arqam Guru-Karyawan ini adalah untuk memperdalam ilmu dasar Agama Islam, seperti shalat wajib, bacaan, dan hafalan al-Qur’an. Maksudnya agar siswa semakin mencintai agama, berpegang teguh pada ajaran Islam, dan menjadi Insan Kamil.

“Kita memilih tema penguatan dalam penerapan membaca al-Quran dan ibadah untuk mewujudkan ismubaristik,” ungkap Sayekti.

Dalam era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (era 4.0), peran orangtua dan guru semakin krusial dalam mendidik anak-anak. Dampak negatif seperti pendangkalan aqidah, penurunan akhlaqul karimah, dan pergaulan yang menjauh dari norma Islami menjadi tantangan. Oleh karena itu, sistem pembinaan guru dan karyawan secara terpadu menjadi suatu kebutuhan mendesak.

Baca juga, Moderasi Islam: Memelihara Keseimbangan Lingkungan (1)

Dr. Suyanto SAg MPdI, Ketua Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, menjadi narasumber pertama dalam acara ini. Dia menyoroti peran Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) sebagai media dakwah persyarikatan.

“Amal Usaha Muhammadiyah menjadi pilar utama dalam misi dakwah persyarikatan ini. Dengan ruh Islam sebagai fondasi, AUM terus mengaktualisasikan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Acara diikuti oleh 70 guru karyawan, termasuk Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Kurikulum, Humas, Sarana dan Prasarana. Pimpinan Majelis Pendidikan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Drs H Harminto, membuka acara yang juga dihadiri oleh pengawas gugus II RA Kartini Korwil III Kecamatan Banjarsari, H Kartono MPd.

Dengan semangat dan inovasi, SD Muhammadiyah 1 Solo terus berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan pendidikan berkualitas dan keagamaan. Semoga kegiatan positif ini menjadi inspirasi bagi sekolah lain dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dan berlandaskan nilai-nilai keagamaan.

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE