IGABA Kendal Gelar Pra Akreditasi PAUD Dengan Sistem Aplikasi Sispena

0
394
Sebagian peserta pelatihan pengisian instrumen akreditasi dengan aplikasi Sispena (foto dok: isnatun)

PWMJATENG.COM, KENDAL  – Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kab. Kendal menggelar pra akreditasi bagi kepala PAUD Aisyiyah dan tenaga operator, Kamis – Sabtu (6 – 8/9) di aula gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal. Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta dibuka langsung oleh Kasi PAUD dan Pengembangan Karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kendal, Elvy Sahara.S.Sos. Dalam sambutannya beliau mengatakan, akreditasi sebagai kegiatan penilaian kelayakan satuan beserta program Pendidikan Non Formal (PNF) berdasarkan atas kriteria yang telah ditetapkan.

“ Untuk menilai kelayakan tersebut disusun instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, yang mencakup 8 standar. “ katanya.

Dijelaskan, 8 standar tersebut meliputi standar kompetensi lulusan, isi, proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Ditambahkan olehnya, secara umum akreditasi PNF bertujuan untuk memberikan assessment, penilaian secara obyektif, transparan, dan berkelanjutan terhadap kelayakan suatu program dan satuan PNF berdasarkan atas kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

Ketua IGABA Kendal, Musyawarah, S.Pd mengatakan Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA) adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. “ Aplikasi ini tidak hanya bisa diakses menggunakan laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil. “ katanya. Menurut beliau, Sispena sebagai pengganti dari akreditasi model Borang yang sebelumnya berlaku. “ Dengan teknologi informasi maka IGABA melakukan ikhtiar untuk meningkatan kualitas lembaga agar eksistensinya lebih baik di mata pemerintah dan lebih dipercaya oleh masyarakat luas “ ujar Musyawarah.

Ketua Majelis Dikdasmen PD Aisyiyah Kendal, Dra. Hj. Esti Setyorini, M.Pd yang turut hadir memberi apresiasi kepada IGABA Kendal yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengisian instrumen akreditasi berbasis aplikasi Sispena. Beliau mengatakan pra akreditasi dengan aplikasi Sispena sebagai persiapan akreditasi faktual di lingkungan pendidikan PAUD Aisyiyah. “ Kepala PAUD Aisyiyah dan tenaga operator harus lebih familier dengan internet agar dalam pengisian instrumen tersebut bisa dilaksanakan dengan benar “ katanya. Menurut Esti tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada sekolah bagaimana menggunakan aplikasi Sispena.

Dalam pelatihan tersebut terbagi dalam dua bagian, yaitu tutorial dan praktek. Sesi teori menghadirkan assesor PAUD, Rokiban, M.Pd yang dibantu oleh 4 pendamping praktek terdiri dari para assesor, yaitu Safiroh Ulya, S.Pd, Sugiyono, M.Pd, Romliyah, S.Pd dan Lailatul Khusna, M.Pd (A.Ghofur/MPI Kendal)