AUMBerita

Hampir Penuh! 78-99% Prodi di UMS Telah Mencapai Kuotanya

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Mendekati Grand Opening Masa Taaruf Penerimaan Mahasiswa Baru (MASTA PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta, calon mahasiswa baru UMS ramai memenuhi ruang tes dan ruang registrasi di Gedung Induk Siti Walidah, Senin (24/7).

Berdasarkan data perbandingan yang didapatkan dari Ketua PMB sekaligus Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Dr. Triyono, S.E., M.Si, terdapat lonjakan pendaftar hingga tanggal 24 Juli. Pada tahun 2022 total pendaftar adalah 23.714, sedangkan untuk tahun 2023 mencapai 25.201 pendaftar. Begitu pula dengan para calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dan registrasi

“Ini yang lolos hampir sama, tapi yang registrasi meningkat untuk yang tahun ini. Tahun lalu pada tanggal yang sama yaitu 5.768, sekarang 5.993,” ujar Triyono.

Sebagian prodi di UMS telah mencapai batas kuotanya, tetapi disampaikan oleh Triyono, akan ada relaksasi penambahan kuota sebanyak 10%. Prodi yang sudah mencapai 100% di antaranya adalah Prodi Manajemen, Keperawatan, Hukum, Teknik Informatika, dan Farmasi.

“Untuk yang lain-lain itu sudah terisi 78-99%. Dan yang masih agak longgar adalah prodi-prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” katanya.

Baca juga, Pendaftaran Beasiswa Sang Surya Lazismu untuk Mahasiswa Resmi Dibuka, Berikut Syaratnya!

Salah satu prodi yang hampir mencapai batas kuotanya adalah Psikologi, dengan sisa 1 kursi.

Saat ini, UMS membuka pendaftaran melalui jalur rapor, dan tes CBT offline, dan tes online dari rumah.

“Kami menyediakan jalur rapot boleh, kalau tidak lolos rapot, bisa jalur tes CBT. Kemudian ini kami membuka special event yaitu jalur tes online dari rumah yang InsyaAllah dilaksanakan tanggal 29 Juli,” ungkap Kepala BAA itu.

Special event tes online ini merupakan kali ke dua UMS mengadakannya. Untuk saat ini, pendaftar tes online tahap 2 mencapai 593.

Singgih Eko Yudhistira, S.I.Kom dari Humas UMS menerangkan bahwa promosi yang terus dilakukan oleh UMS menggunakan pendekatan Content Marketing. Promosi UMS yang digawangi oleh teman-teman Humas ini menerapkan promosi langsung ke end usernya, yaitu Gen Z.

“Kita melakukan pendekatan melalui media sosial terutama Instagram dan TikTok biar deket sama mereka dan relevan dengan mereka. Jadi kita bikin konten yang engage dengan mereka termasuk salah satunya di Twitter sama Threads, media sosial yang baru,” jelas Singgih.

“Jadi UMS bikin Threads itu untuk tetap dekat dengan mereka, mengikuti trend, jadi UMS join the trend,” lanjutnya.

Grand Opening Masta PMB UMS akan dilakukan tepat pada tanggal 1 Agustus di Edutorium UMS, dilanjutkan dengan rangkaian Masta Universitaria, Masta ke IMM-an, dan Expo UKM.

Kontributor : Maysali
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.