Berita

Gelar Rapat Koordinasi LLHPB Jateng Jelang Ramadan : Mari Ciptakan Green Ramadan dan Green Muktamar

PWMJATENG.COM, Semarang – Jelang Ramadan, Divisi Lingkungan Hidup dan Media Publikasi LLHPB PWA Jawa Tengah (Jateng) selenggarakan Rapat Koordinasi dan Webinar dalam rangka mengupayakan Pengurangan Risiko Bencana melalui Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) sekaligus praktek Sistim Informasi Aisyiyah (SIA), Senin 21/03/2022.

Acara ini dipandu Anggota LH LLHPB PWA Jateng Annisa Kurniarahman, dan dibuka oleh Ketua LLHPB PWA Jawa Tengah Lilik Tri Prihantini. Hadir pada rakor kali ini, Ketua PWA Jawa Tengah Ummul Baroroh, sekaligus memberikan sambutan. Adapun Ketua divisi LH LLHPB PWA Jawa Tengah Deny Ana I’tikafia dan Media Publikasi Afifah Nurlaila hadir sebagai narasumber.

Turut diundang Ketua LLHPB PDA se Jawa Tengah; Lembaga Kebudayaan PDA se Jawa Tengah; PDNA se Jawa Tengah; serta para pegiat lingkungan dari LLHPB Jawa Barat, dan Jawa Timur, sebagai peserta Rakor dan Webinar.

Ketua LLHPB PWA Jateng dalam sambutannya menyampaikan, ”Pada intinya LLHPB PWA Jateng mempersiapkan even jelang ramadhan untuk mendukung green ramadhan yang akan datang; karena Jawa Tengah berketempatan pelaksanaan muktamar yang telah direncanakan di Edutorium UMS Surakarta.”

Kemudian Ketua PWA Jawa tengah Ummul Baroroh mengatakan dalam sambutannya, ”Go green muktamar sudah menjadi mindset (yang) harus diinternalisasi kepada semua; tidak hanya slogan tapi menjadi habbit mulai sekarang disosialisasikan ke cabang dan ranting masing-masing sehingga seluruh Indonesia bermindset go green.”

*

Lebih lanjut Ketua PWA Jateng memberikan semangat kepada semua peserta webinar.

”Jangan bosan, selalu sabar, jangan malas menggerakkan, akan menjadi amal jariyah, kita gaungkan terus menerus di rumah, masjid dan sekitarnya. Mindset bebas sampah, diet sampah jadi pola hidup kita, sehingga relawan go green tidak terlalu berat untuk dikerjakan sendiri,” ungkapnya.

“Sukseskan gerakan ini menjadi gerakan masif, gerakan bersama, gerakan luar biasa. Go green menjadi mindset orang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah sehingga menguatkan mindset para muktamirin,” pungkasnya.

Sebagai inti, Deny Ana I’tikafia selaku narasumber pertama menyampaikan bahwa dalam berbagai kegiatan perlu adanya penekanan untuk mengurangi sampah plastik; hal ini akan lebih optimal ketika didukung oleh semua pihak dalam bingkai One Muhammadiyah One Response (OMOR).

Baca juga, Uji Kompetensi Siswa, SMA Muhammadiyah 2 Mayong Selenggarakan Ujian SKT HW

“Kegiatan (ini) disosialisasikan dengan solid mengajak Lembaga Kebudayaan untuk merubah perilaku kebiasaan menjadi pembiasaan. Mengajak PDNA sebagai perempuan muda berkemajuan adalah kader andal yang nantinya menjadi generasi penerus ‘Aisyiyah,“ paparnya.

Narasumber kedua dari Media Publikasi, Afifah Nurlaila menyampaikan, ”Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para ibu aisyiyah sebaiknya dipublikasikan lewat sistim informasi aisyiyah (SIA) yang dipunyai daerah. Perlu belajar mempublikasikan kegiatan di daerah dengan fokus menulis sesuai kriteria 5W 1H.

Di akhir acara, Wakil Ketua PWA Koordinator LLHPB, Chusnul Hayati bahwa ‘Aisyiyah harus sadar akan permasaahan sampah serta menyadarkan masyarakan akan hal tersebut.

”Asyiyah harus sadar sampah, mampu menyadarkan masyarakat, mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar, melestarikan lingkungan hidup. Mencegah sampah menjadi musibah namun sampah menjadi berkah. Betapa pentingnya merubah pola pikir supaya kita bisa berkontribusi menjaga kelestarian alam,“ pungkasnya.

Kontributor : Deny Ana I’tikafia
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE