Kolom

Asuransi Mobil Syariah, Pilih All Risk atau TLO?

PWMJATENG.COM, Semarang – Sebagai pemilik kendaraan roda empat, maka Anda harus memproteksinya dengan asuransi mobil. Namun, jika Anda khawatir riba dan takut melanggar syariat, maka asuransi mobil syariah menjadi solusinya.

Berdasarkan prinsip cara kerjanya, asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi mobil konvensional dan asuransi mobil syariah. Asuransi mobil konvensional adalah asuransi mobil yang selama ini mungkin sudah Anda ketahui.

Hampir sama dengan asuransi mobil konvensional, cara kerja asuransi mobil syariah berpedoman pada prinsip syariat Islam dan diawasi Dewan Pengawas Syariah (DPS) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Seperti diketahui, asuransi mobil adalah layanan perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi terhadap mobil yang Anda miliki. Asuransi mobil memberikan perlindungan pada mobil pribadi atau untuk penggunaan bisnis dari beragam risiko seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kerusuhan.

duitpintar.com/asuransi/mobil/ tidak hanya menjamin perbaikan akibat benturan dan kerusakan saja, mobil kesayanganmu juga bisa terlindungi bahkan sampai bencana alam dan kehilangan. Dengan catatan, jika polis asuransi yang dipilih meliputi bencana alam dan kehilangan.

Kalau fokus utama Anda adalah perlindungan menyeluruh, maka asuransi mobil All Risk menjadi jawabannya.

Alasan Memiliki Asuransi Mobil Syariah

Jika ingin membuat kendaraan Anda senantiasa aman, memiliki asuransi mobil, termasuk produk syariah merupakan solusi terbaiknya. Memakai asuransi bisa menghindarkan Anda dari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus memiliki asuransi mobil, termasuk produk syariahnya:

1. Memberi Rasa Tenang Saat Berkendara

Sebagai pengemudi, tentu saja Anda tidak pernah mengetahui berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi saat berlalu lintas. Jika Anda taat berlalu lintas, belum tentu orang lain melakukannya.

Karena itu, kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana pun. Karena itu, diperlukan asuransi untuk menjamin ketenangan saat berkendara.

Selain itu, asuransi bisa membuat Anda terbebas dari beban pikiran serta rasa takut saat berkendara. Dengan menggunakan asuransi ini, Anda bisa terhindar dari rasa parno mengalami kecelakaan di jalan, sehingga perjalanan akan menjadi lebih tenang.

2. Menanggung Biaya Kerusakan

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, sehingga sifatnya tidak dapat diprediksi. Jika terjadi kecelakaan, biasanya akan menyebabkan kerusakan pada kendaraan, sehingga butuh perbaikan agar dapat mobil dapat kembali digunakan seperti sedia kala.

Untuk memperbaiki mobil, biasanya butuh biaya tidak sedikit, terutama jika sudah mengalami kecelakaan parah. Karena itu, sangat penting memiliki asuransi  mobil yang dapat menanggung biaya perbaikan jika mengalami kerusakan.

Tak hanya untuk diri sendiri, saat ini juga sudah terdapat asuransi mobil yang mau menanggung pihak lain yang terlibat kecelakaan dengan Anda.

3. Mendapatkan Keuntungan Besar

Ketika memilih memakai asuransi mobil, maka Anda akan mengeluarkan biaya untuk jaminan asuransi tersebut selama beberapa waktu. Meski harus membayar biaya premi per bulan atau per tahunnya, Anda bisa mendapat keuntungan yang besar.

Anda hanya membayar lebih murah, namun perusahaan asuransi akan menanggung apabila terjadi kecelakaan atau kerusakan.

4. Menjadi Sarana Investasi

Sebagai salah satu cara untuk melindungi aset Anda, asuransi mobil bisa digunakan sebagai investasi. Tentu sangat menyenangkan bisa melindungi aset sekaligus melakukan investasi, bukan?

Jenis-Jenis Asuransi  Mobil Syariah

Seperti dilansir dari https://id.wikipedia.org/wiki/Asuransi_kendaraan, sama seperti asuransi mobil konvensional, ada dua jenis asuransi mobil syariah yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Buat lebih jelasnya, mari kita pahami dua jenis asuransi mobil syariah yang bisa Anda pilih:

Mengenal Lebih Dalam Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk atau disebut comprehensive akan menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai hilang akibat pencurian. Selain itu, kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara dan bencana alam juga ditanggung oleh asuransi All Risk.

Meski begitu, untuk pertanggungan bencana seperti banjir, Anda harus memilih perluasan perlindungan. Seperti dirilis dari https://totalenergies.id/id/artikel/tips-saran/ternyata-banjir-tidak-dijamin-asuransi-all-risk-sekalipun.

Asuransi All Risk cukup populer karena keunggulannya mencakup hampir seluruh risiko. Meski begitu, manfaat itu sebanding dengan harga premi yang cenderung lebih maha.

Memilih asuransi mobil All Risk jadi keputusan yang tepat jika Anda ingin memberikan perlindungan menyeluruh pada mobil kesayangan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu terjadi risiko yang tidak diduga.

Asuransi All Risk juga cocok untuk jenis mobil baru karena menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan hingga 5 tahun.

Mengenal Lebih Dalam Asuransi TLO

Asuransi TLO merupakan produk perlindungan kendaraan dengan jaminan ganti rugi jika terjadi kerusakan total saja atau biaya perbaikan mobilnya minimal 75 persen dari harga kendaraan tersebut di pasaran saat itu.

Asuransi TLO cocok bagi mobil bekas atau berusia cukup tua, karena biasanya mobil tersebut berpotensi lebih besar untuk rusak total. Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas.

Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 20 tahun. Dengan begitu, asuransi ini cocok untuk Anda yang mencari asuransi mobil dengan biaya premi yang murah.

Selain itu, premi asuransi TLO yang jauh lebih murah di bandingkan asuransi mobil All Risk sangat disarankan buat Anda yang ingin berhemat.

Salah satu manfaat membeli asuransi mobil TLO adalah agar mobil mendapat perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan berat. Pasalnya, memiliki mobil diikuti dengan komitmen dan tanggung jawab besar.

Belum lagi jika mengingat biaya perbaikan mobil yang terbilang mahal. Apalagi jika mobil mengalami masalah darurat atau parahnya hilang karena pencurian. Salah perhitungan sedikit, tabunganmu bisa ikut ludes.

Tidak hanya mahal, ada faktor risiko lain yang bisa membuat biaya perawatan mobil membengkak jika tidak dilindungi asuransi. Karena itu, tak ada salahnya memproteksi finansialmu dengan menggunakan asuransi mobil.

Seperti diketahui, asuransi mobil dapat melindungimu dari biaya-biaya tak terduga akibat risiko-risiko tak terduga. Seperti komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.

Memproteksi kendaraan menggunakan asuransi membuat Anda bisa menghemat banyak pengeluaran tak terduga. Dengan begitu, finansial akan tetap aman karena perusahaan asuransi menanggung biaya-biaya tersebut.

Itulah penjelasan mengenai asuransi All Risk dan TLO yang bisa dipilih menjadi produk proteksi untuk kendaraan Anda. Setelah mengetahui jenis-jenis produk proteksi kendaraan, saatnya Anda menentukan memilih yang mana.

Jadi, sudah memilih asuransi mobil syariah All Risk atau TLO untuk proteksi kendaraan Anda?

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE