AUMBerita

Kebersamaan Luar Biasa! Rektor ITS PKU Solo Ajak Mahasiswa Baru Makan Bersama Usai PKKMB dan MASTA

PWMJATENG.COM, Surakarta – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan MASTA di ITS PKU Muhammadiyah Solo ditutup dengan cara istimewa. Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti, mengajak seluruh mahasiswa baru, mahasiswa lama, serta civitas akademika untuk makan bersama di Auditorium ITS PKU pada Jumat siang (6/9/2024).

Momen makan bersama ini berlangsung penuh keakraban, dengan Rektor Weni Hastuti dan jajarannya yang terdiri dari para dosen ikut berbaur bersama mahasiswa. Dalam sambutannya, Weni menyampaikan filosofi menarik tentang makan. Menurutnya, makan bukan sekadar memenuhi kebutuhan primer manusia, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk mengenali karakter seseorang.

“Kalau kalian ingin mengetahui sifat seseorang, ajaklah dia makan,” ungkap Weni di depan mahasiswa baru. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa makanan yang baik, baik dari segi gizi maupun kehalalannya, akan membawa pengaruh positif bagi tubuh dan perilaku seseorang.

“Insyaallah, makanan yang kita konsumsi hari ini baik dan halal, sehingga akan memengaruhi otak dan tindakan kita menjadi lebih baik,” tambahnya.

Baca juga, Tata Kelola Pemerintahan yang Adil dan Beradab

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor III ITS PKU Muhammadiyah Solo, Suyanto, juga memberikan sambutan. Ia menekankan bahwa PKKMB di ITS PKU tidak hanya fokus pada penguatan akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kesehatan mental mahasiswa baru.

“Maka dari itu, dalam PKKMB kemarin, mahasiswa baru mendapatkan materi mengenai pendidikan karakter dan kesehatan mental,” jelas Suyanto. Ia berharap mahasiswa baru memiliki ketahanan mental yang kuat untuk menghadapi era yang penuh perubahan cepat dan tantangan yang kompleks.

Mengenai acara makan bersama, Suyanto menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi simbol kebersamaan antara mahasiswa baru, mahasiswa lama, dan seluruh civitas akademika ITS PKU Muhammadiyah Solo. “Kegiatan ini menunjukkan bahwa rektor dan para dosen bisa menyatu dengan mahasiswanya, menciptakan suasana harmonis dan tidak elitis,” ujar Suyanto.

Selain itu, sebagai kampus yang memiliki jurusan ilmu gizi, makan siang bersama ini juga menjadi edukasi pentingnya mengonsumsi makanan bergizi. Di akhir acara, mahasiswa baru diharapkan siap secara lahir dan batin untuk menjalani peran mereka sebagai mahasiswa, yang memiliki tanggung jawab besar terhadap masa depan.

“Mereka bukan lagi siswa, tetapi mahasiswa yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam menentukan masa depan,” pungkas Suyanto.

Acara diakhiri dengan seluruh civitas akademika ITS PKU Muhammadiyah Solo makan bersama dengan santai di lantai auditorium. Mereka tampak menikmati momen kebersamaan tersebut, sembari saling berbagi makanan dan cerita.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE