BeritaKabar Daerah

Tingkatkan Pemahaman dan Implementasi Prinsip-Prinsip Syariah, PDNA Karanganyar Gelar Pengajian Rutin

PWMJATENG.COM, Karanganyar – Pengajian rutin yang diselenggarakan oleh PDNA Karanganyar pada 9 Agustus 2024 berhasil menarik perhatian para guru PAUD SCA, Jumat (9/8/24). Acara ini berlangsung di BMT Dinar Mulia Karanganyar, dari pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, dan menghadirkan Umi Munawaroh, sebagai pembicara utama.

Dalam pengajian ini, Umi Munawaroh membahas topik penting mengenai “Membangun Keluarga Utama Sesuai Maqashid Syariah.” Ia menyampaikan visi membangun keluarga yang berkualitas dan berlandaskan ajaran Islam, serta menggarisbawahi misi yang perlu diemban oleh setiap keluarga Muslim.

Visi:

Membangun surga di rumah dan rumah di surga.

Misi:

  • Memiliki istri yang sholihah.
  • Mendidik anak-anak yang sholeh.
  • Mengusahakan sumber rezeki yang berkah.
  • Menjadi bagian dari komunitas yang saleh.

Baca juga, Urgensi Literasi Keuangan bagi Milenial: Membangun Masa Depan yang Lebih Stabil

Selama pengajian, Umi Munawaroh mengutip beberapa ayat Al-Qur’an yang relevan dengan tema tersebut, seperti:

  • QS. Luqman: 13: “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.'”
  • QS. At-Tahrim: 6: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”
  • QS. Ar-Ruum: 21: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”
  • QS. An-Nisaa: 1: “Bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari padanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

Pengajian ini merupakan bagian dari upaya PDNA Karanganyar dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip syariah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan diadakannya acara ini, diharapkan para guru PAUD SCA dan peserta lainnya dapat mengambil pelajaran dan menerapkannya dalam membangun keluarga yang harmonis dan sesuai dengan ajaran Islam.

Kontributor : Ika Lestary
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE