BeritaKabar Daerahmdmc

PJ Bupati Batang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Muhammadiyah Gerak Cepat Tangani Dampak Gempa

PWMJATENG.COM, Batang – Setelah kemarin Ahad (7/7/24), Kabupaten Batang diguncang gempa berkekuatan 4,6 SR dan berdampak di tiga kecamatan, hari ini, Senin (8/7/24), Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, gelar Apel Siaga di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang.

Dari peta gempa data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi pusat gempa berada di titik koordinat 6,87 derajat Lintang Selatan dan 109,75 derajat Bujur Timur.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hari ini melakukan Apel Siaga untuk koordinasi tindakan pasca gempa bumi yang terjadi kemarin di Kabupaten Batang.

“Saya menetapkan Kabupaten Batang menjadi daerah tanggap darurat selama seminggu supaya penanganannya cepat teratasi. Untuk itu, kami upayakan fasilitas sekolah, umum dan pelayanan masyarakat yang rusak harus menjadi fokus utama penanganan saat ini,” jelasnya.

Pendataan sementara dampak kerusakan gempa bumi yakni ada 49 rumah rusak yang terbagi 32 rusak ringan, 12 rusak sedang dan 5 rusak berat.

Baca juga, Gempa Bumi Magnitudo 4,6 Guncang Batang: Ini Langkah Cepat Muhammadiyah dalam Penanganan Bencana

“Saya instruksikan semua relawan untuk membersihkan serpihan-serpihan pasca gempa dan menangani kerusakan bersama-sama di tiga kecamatan terdampak, yakni Kecamatan Batang, Kecamatan Warungasem dan Kecamatan Wonotunggal,” tegasnya.

Menanggapi gempa bumi yang terjadi, Muhammadiyah melalui Lembaga Resiliensi Bencana (LRB)/Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Batang gerak cepat menerjunkan relawan untuk membantu masyarakat terdampak. Sejak kemarin, belasan relawan telah diterjunkan untuk melakukan assesmen cepat dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkati, termasuk masyarakat terdampak.

Ketua LRB-MDMC PDM Batang, Muh Edy Supriyanto, menyampaikan bahwa hari ini MDMC menerjunkan relawan yang nantinya akan bergabung dengan relawan lainnya, di bawah koordinasi BPBD Kabupaten Batang. Selain itu, MDMC rencananya juga akan melanjutkan assesmen di daerah Menguneng dan beberapa daerah terdampak lainnya.

“Pukul 13.00 nanti insyaallah MDMC akan rapat dengan Pleno PDM Kabupaten Batang. Selanjutnya, sore sekitar pukul 16.00 akan rapat dengan PRM dan PCM,” kata Edy saat redaksi hubungi melalui Whatsapp.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE