AUMBerita

SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta Aktif Ikuti School Health Program di Edutorium UMS

PWMJATENG.COM, Surakarta – Sebanyak 285 murid kelas I – IV dari SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta berpartisipasi dalam kegiatan School Health Program, yang diadakan dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). Acara ini berlangsung di Gedung Edutorium K.H. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Sabtu (18/11/2023). Kolaborasi antara Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri dengan Fakultas Kedokteran Gigi UMS menghasilkan kegiatan yang melibatkan lebih kurang 4.000 murid SD se-Soloraya.

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan pembukaan yang penuh semangat, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan praktik bersama gerakan lagu “Isi Piringku”. Lagu tersebut dipilih dengan pertimbangan makna syairnya, yang memberikan rangsangan kepada anak-anak untuk gemar menyantap makanan sehat dan bergizi.

Pemateri pertama, Setyaningrum Rahmawaty, menjelaskan tujuan utama kegiatan ini, yaitu memberikan pengetahuan kepada peserta tentang pentingnya merawat gigi sedini mungkin dengan memberikan pola makan yang sehat. “Ada empat cara memilih makanan yang baik untuk kesehatan gigi, antara lain memilih makanan yang mengandung vitamin, menghindari soda, mengurangi konsumsi gula, dan memilih makanan kaya serat,” ungkapnya.

Baca juga, Muhammadiyah di Usianya yang ke-111: Ikhtiar Menyelamatkan Semesta

Untuk menambah semangat peserta, sesi jeda diisi dengan tarian flashmob berjudul “Langkah Sehat Cara Merawat Gigi”. Dipandu oleh kru RSGM Soelastri UMS, para peserta dengan antusias mengikuti gerakan yang disiapkan.

Salah satu murid kelas III, Hugo Althaf Narendra, merasa senang dan antusias mengikuti kegiatan ini. “Kita tidak hanya mendapatkan materi edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga mendapatkan arahan praktik menggosok gigi dengan benar. Saya baru tahu bahwa makanan yang mengandung serat dapat membantu melunturkan karang gigi,” ungkap Hugo.

Pemateri kedua, Nendika Dyah Ayu Murika Sari, membahas “Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak”. Beliau menekankan pentingnya merawat gigi dan mulut sebagai investasi untuk kehidupan masa depan. “Makanan yang tertinggal di gigi dapat menjadi sumber kuman dan bakteri. Oleh karena itu, disarankan untuk menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, bukan hanya saat mandi,” paparnya.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan praktik menggosok gigi bersama seluruh peserta. Para murid dengan antusias mengikuti setiap langkah yang diperagakan oleh kru RSGM Soelastri UMS, dan selama acara, drone setia mengelilingi area untuk mendokumentasikan kegiatan ini.

Kontributor : Nikmah Hidayati
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE