Berita

KOKAM Kendal Gandeng POC Distribusikan Air Bersih Ke Desa yang Kekeringan

PWMJATENG.COM, KENDAL – Selama hampir tujuh bulan Daerah Kabupaten Kendal mengalami problem kekeringan. Sebagian besar wilayah Kabupaten Kendal tidak menerima curahan hujan, akibatnya air tanah mengalami penurunan yang sangat drastis, dan sumur-sumur warga pada kekeringan. Jika ada air pompa airpun tidak mampu menyedot air dari tanah.

Hal itulah yang menjadikan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Kab. Kendal berkolaborasi dengan Pajero Owner Comunity (POC), sebuah komunitas pecinta mobil Mitsubisi, kususnya mobil merk Pajero di Kendal melakukan bakti sosial yaitu pembagian air bersih kepada masyarakat di desa Wonosari, Pegandon, dan desa Manggungmangu, Plantungan.

Ketua POC Kab. Kendal, H. Nashron mengatakan, distribusi air bersih dilakukan dalam rangka HUT ke 7 POC. “Kami berusaha membantu masyarakat yang mengalami problem kekeringan di desa-desa tertentu” kata Nashron ketika mendistribusikan air bersih pada Sabtu (19/10).

Beliau menjelaskan, untuk mengatasi kekeringan yang berdampak pada sulitnya masyarakat mendapatkan air bersih pihaknya bekerja sama dengan KOKAM Kendal. “Bentuk kerja sama yang kami bangun adalah pihak POC sebagai penyedia air bersih, sedangkan KOKAM tampil sebagai tenaga penyalur air bersih” ujarnya.

Diterangkan, air bersih yang dikucurkan sebanyak 18.000 liter “Sampai saat ini kami sudah empat kali mensuplay air bersih dengan tempat yang berbeda, dan kegiatan ini akan terus berlangsung dengan tetap menggandeng KOKAM Kendal sampai ada curah hujan yang cukup”.

Nashron juga merencanakan, bahwa POC yang dipimpinnya ke depan tidak hanya memberi bantuan air minum kepada warga. “Kami merencanakan memberi bantuan sembako kepada warga kurang mampu, atau bantuan dalam bentuk lain”
Sementara itu, Komandan KOKAM Marda Kendal, Budiyono mengatakan, KOKAM siap berkolaborasi dengan lembaga manapun untuk mendukung kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

“Pemuda Muhammadiyah Daerah Kendal melalui KOKAM selalu mendukung kegiatan– kegiatan positif dan tidak hanya bekerja sama dengan POC tetapi dengan organisasi kemasyarakatan lainnya” kata Diyon, panggilan kesehariannya. Untuk distribusi air bersih di Plantungan dan Pegandon, menurutnya KOKAM menerjunkan 15 personil, mulai dari pengawalan mobil tangki air datang sampai selesai pendistribusiannya.

Sedangkan kepala dusun Krajan, desa Wonosari, Suparman mengatakan, desa Wonosari termasuk salah satu desa yang mengalami kekeringan berkepanjangan dan diperlukan bantuan air minum bersih untuk kebutuhan rumah tangga. “Sampai saat ini sudah 3 kali warga kami menerima bantuan air bersih; kususnya dusun Krajan. Sedangkan desa Wonosari terdiri 120 KK” katanya.

Beliau mengakui kekeringan di musim kemarau panjang di tahun ini berdampak pada keringnya irigasi karena tidak ada air yang mengalir. Turut hadir dalam distribusi air bersih Babinsa Polsek Pegandon, Widarto. (Dyah/MPI Kendal)

Aji Rustam

Jurnalis MPI PWM Jateng, Wartawan Seniour TribunJateng

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE