Berita

UMP Buka Prodi Kemuhammadiyahan

PWMJATENG.COM, PURWOKERTO – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) terus menunjukkan kontribusi nyata untuk bangsa. Salah satunya dengan meluncurkan progam setara Diploma Satu (D1) Kemuhammadiyahan di bawah naungan Fakultas Agama Islam (FAI).

Peluncuran yang laksanakan di Masjid Akhmad Dahlan UMP tersebut disambut baik dan didukung penuh oleh para ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se Banyumas dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Sabtu (5/5/2018).

“Untuk membantu persyarikatan Muhammadiyah maka UMP menyusun program D1 Kemuhammadiyahan atau tepatnya D1 Al Islam Kemuhammadiyahan,” ungkap Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, S. Ag., M.S.I di dampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Anjar Nugroho, S.Ag. M.Si.,

Dijelaskan peserta kuliah adalah kader, pimpinan persyarikatan dan pimpinan karyawan serta pengelola AUM di kota dan kabupaten se-wilayah Jawa Tengah. Setiap angkatan minimal 30 orang.

“Pendaftaran dibuka pada setiap semester dengan waktu pendaftaran mulai tanggal 1 s.d 31 maret untuk periode perkuliahan April-Juli dan tanggal 1 s.d 31 Agustus untuk periode perkuliahan Oktober – Januari,” jelas Dr. Ibnu.

Lebih lanjut Dr. Ibnu menjelaskan tujuan dari dibukanya program D1 Pendidikan Kemuhammadiyahan untuk membentuk kader-kader Muhammadiyah yang mampu memahami dan menjelaskan khittoh perjuangan Muhammadiyah. Memberikan pijakan yang tepat dan akurat mengenai makna dan seluk beluk Muhammadiyah.

Terkait dengan pembiayaan Dr. Ibnu mengungkapkan, ada supsidi dari UMP untuk mengurangi biaya-biaya. “Sampai tamat SPP nya tinggal dipilih saja. Jadi satu semester itu ada yang 500 ribu dan ada yang 1 Juta. 500 ribu bagi AUM kecil, sekolah dengan siswa kurang dari 300, Pimpinan Persyarikatan dan Pimpinan Ortom Muhammadiyah. Dan 1 Juta bagi Rumah Sakit, Klinik, sekolah dengan siswa 300 ke atas, BTM, dan BMT,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Drs. H. Tafsir, M. Ag. mengungkapkan tujuan diadakannya Program D1 Pendidikan Kemuhammadiyahan untu memahami dan mengembangkan Persyarikatan Muhammadiyah.

“Ya agar mereka memahami apa itu Muhammadiyah, kemudian mengembangkannya. Dan berpartisipadi dalam bidang Dakwah Muhammadinyah. Selain itu juga untuk membangun sinergisitas jamaah, organisasi dan Amal Usaha Muhammadiyah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Drs. Tafsir menjelaskan bahwa persyarikatan Muhammadiyah merupakan organisasi Islam, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kader yang memiliki visik, misi dan tujuan yang akan diwujudkan oleh para kader yang memahami cita-cita dan arah perjuangan Muhammadiyah.(tgr)

Aji Rustam

Jurnalis MPI PWM Jateng, Wartawan Seniour TribunJateng

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE