Berita

2000 Relawan Muhammadiyah ikuti Jambore Nasional ke di Malang

PWMJATENG.COM – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Indonesia akan selenggarakan Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah Ke 2 di Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung pada 30 November-3 Desember 2017. Dijadwalkan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo akan membuka Jambore Nasional Relawan Myhammadiyah Ke 2.

Disampaikan oleh Budi Santoso Koordinator Divisi Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiapsiaagaan MDMC Indonesia, bahwa Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah Ke 2 sebagai upaya peningkatan kapasitas relawan Muhammadiyah seluruh Indonesia dalam penanggulangan bencana. Ia juga menyampaikan bahwa saat ini penanggulangan bencana sudah bergeser pada paradigma penanggulangan bencana berbasis pengurangan risiko bencana.

Sejalan dengan antusiasme relawan Muhammadiyah yang sangat tinggi untuk terlibat di JNRM ke 2. Terhitung hingga 14 November 2017 jumlah relawan yang terlibat mencapai 713 relawan Muhammadiyah. Perserta Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah Ke 2 merupakan perwakilan MDMC di seluruh Indonesia, perwakilan Rumah Sakit Muhammadiyah, Perwakilan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Aisyiah, dan perwakilan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah.

Budi Santoso menambahkan target relawan yang akan terlibat dalam Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah ke 2 mencapai 2000 relawan.  Banyaknya relawan yang terlibat sebagai keseriusan MDMC Indonesia untuk meningkatkan kapasitas relawan dalam pengurangan risiko bencana. “Acara di di design untuk meningkatkan kapasitas ketangguhan peserta jambore seperti lomba lomba SAR, medis dan psikososial serta cerdas tanggap,” ungkap Budi Santoso.

Upaya peningkatan kapasitas relawan yang dilakukan oleh MDMC Indonesia melalui Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah Ke 2 diakui oleh Relawan MDMC Maman Koswara dapat meningkatkan semangat relawan Muhammadiyah dalam kegiatan kemanusiaan. “Kegiatan ini akan kembali lebih meningkatkan ruh relawan kebencanaan baik internal Muhammadiyah maupun relawan lainnya” tambahnya. (sulis)

Aji Rustam

Jurnalis MPI PWM Jateng, Wartawan Seniour TribunJateng

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE