AUMBerita

UMS Kampus Islam Terbaik di Indonesia! Salip UMY, UMM, Hingga UII

PWMJATENG.COM, Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan menjadi kampus Islam terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2025. Hal ini diungkapkan langsung oleh Wakil Rektor V UMS, Supriyono.

Menurut Supriyono, sejumlah kampus Islam di Indonesia turut berkompetisi dalam pemeringkatan ini, seperti Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Namun, UMS berhasil meraih posisi tertinggi di antara perguruan tinggi Islam lainnya yang terpantau oleh THE WUR.

“Alhamdulillah, tahun ini UMS berhasil memperoleh peringkat tertinggi di antara perguruan tinggi Islam di Indonesia yang masuk radar THE WUR,” ujar Supriyono pada Rabu, (9/10).

Pencapaian ini mempertegas posisi UMS sebagai kampus Islam nomor satu di Indonesia sekaligus meningkatkan reputasinya di kancah internasional. Dalam rilis resmi THE WUR 2025, UMS menduduki peringkat global 1201-1500+ dan berada di posisi kedua di Indonesia setelah beberapa kampus ternama seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), BINUS University, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Baca juga, Allah Sangat Senang Melihat Umatnya yang Bertobat

“Kami telah mengirimkan data yang diperlukan, salah satu indikator utama adalah kualitas riset yang dinilai melalui basis data Scopus. Nilai yang kami peroleh cukup tinggi, terutama dalam aspek sitasi,” tambah Supriyono.

Keberhasilan ini menempatkan UMS sebagai kampus nomor satu di Indonesia dalam hal kualitas riset. Hal ini terlihat dari perbandingan jumlah dokumen di Scopus dengan jumlah sitasinya, yang menunjukkan bahwa kualitas riset di UMS sangat unggul.

Lebih lanjut, Supriyono menegaskan bahwa peringkat ini merupakan cerminan dari reputasi baik UMS sebagai perguruan tinggi. “Indikator seperti Research Quality, Teaching, Research Environment, International Outlook, dan Industry menjadi acuan utama. UMS telah berhasil menciptakan ekosistem dan iklim riset yang kondusif, serta menunjukkan capaian yang tinggi dalam kualitas riset internasional.”

Tahun ini adalah kali pertama UMS berpartisipasi dalam THE WUR, dan hasilnya berhasil menempatkan UMS sebagai kampus Islam terbaik di Indonesia. “Prestasi ini memberikan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas riset di UMS. Saya pribadi yakin bahwa keberlanjutan sebuah perguruan tinggi sangat bergantung pada kualitas riset yang dimilikinya,” tutup Supriyono.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE