AUMBerita

Serunya Belajar Masak di Kegiatan Hizbul Wathan SD Muhammadiyah 1 Solo!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Pagi yang cerah membawa semangat baru bagi siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Solo dalam menjalani kegiatan Hizbul Wathan (HW). Pada Jumat (20/9/2024), mereka berkumpul dengan raut wajah ceria, siap untuk menjalani aktivitas kepanduan yang menantang fisik sekaligus membentuk mental dan spiritual melalui belajar memasak mandiri.

Kepala Sekolah, Sri Sayekti Wakil, menjelaskan bahwa tujuan dari Hizbul Wathan adalah untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya kerja sama, kolaborasi, dan kemandirian. “Tak heran, dalam setiap kegiatan, para anggota Hizbul Wathan mempelajari berbagai keterampilan untuk meningkatkan wawasan dan cara bertahan hidup, termasuk kemampuan memasak, terutama bagi kelas V dan VI,” ujarnya.

Hizbul Wathan adalah organisasi kepanduan berasaskan Islam yang didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki akidah, mental, dan fisik yang baik. Selain itu, HW juga bertujuan untuk membekali mereka dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu menjadi pribadi muslim yang sesungguhnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

Baca juga, Keteladanan Rasulullah

HW bersifat sebagai sistem pendidikan untuk anak, remaja, dan pemuda di luar lingkungan keluarga dan sekolah. Keanggotaan HW terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang gender, usia, profesi, atau latar belakang pendidikan. “Penggolongan keanggotaan menurut usia hanya untuk membedakan status sebagai peserta didik atau anggota dewasa (pembina),” tambah Sri Sayekti.

Kegiatan memasak kali ini bertujuan agar para anggota HW merasakan kesenangan dalam memasak dan menikmati masakan hasil karya sendiri. Antusiasme peserta sangat besar, tidak hanya putri, tetapi juga putra, dengan jumlah peserta terbagi menjadi 28 kuntum.

Mikhayla, salah satu siswa kelas 5C, mengungkapkan kegembiraannya. “Saya sangat senang bisa belajar memasak di halaman sekolah dengan pendamping kuntum yang hebat. Kami bisa berbagi hasil masakan dengan teman-teman,” ungkapnya dengan ceria.

Kontributor : Jatmiko
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE