AUMBerita

Terungkap! Humas UMS Bagikan Tips Bijak Mengelola Media Sosial dari Humas UMS

PWMJATENG.COM, Surakarta – Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan pelatihan publikasi untuk Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FT UMS. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, pada 6 dan 7 Agustus 2024, dengan fokus utama pengelolaan media sosial.

Wakil Dekan III FT UMS, Indah Pratiwi, menyampaikan pada hari Rabu (7/8) bahwa penting bagi mahasiswa yang tergabung dalam Ormawa untuk mengelola media sosial dengan bijak. “Melihat keadaan saat ini, seperti Gen Z yang tidak dapat lepas dari media sosial, sebagai organisasi mahasiswa seharusnya kita hadir di tengah-tengah audiens, yakni Gen Z,” ujarnya. Indah menekankan pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam media sosial dan bagaimana mengelola konten yang akan diposting dengan bijak.

Staf Humas UMS, Rasuli, juga turut memberikan materi dalam pelatihan ini. Ia menjelaskan bahwa UMS mulai mengelola media sosial dengan strategi terencana menjelang Muktamar 48. “Media sosial UMS mulai bertransformasi dari sekadar menyampaikan informasi menjadi alat untuk membangun brand,” ungkapnya. Menurut Rasuli, media sosial untuk organisasi atau institusi harus dikelola dengan manajemen khusus agar menjaga kesinambungan dan brand guideline.

Baca juga, Pro, Kontra, Dialog, dan Kompromi Ala Muhammadiyah

Rasuli menjelaskan pentingnya mengenali alasan-alasan seseorang menggunakan media sosial, seperti untuk mengisi waktu senggang. “Ketika mengelola media sosial, tidak hanya sebatas memiliki konten kemudian mengunggahnya. Diperlukan beberapa tahapan, seperti riset dan kolaborasi,” tambahnya. Ia juga menekankan pentingnya aspek psikologi, konsistensi, dan strategi komunikasi dalam mengelola media sosial.

Rasuli juga menyampaikan bahwa dalam pengelolaan media sosial diperlukan konten pilar dan editorial plan. “Ketika kita mengelola media sosial, ada yang namanya riset, kolaborasi, dan strong hook. Kita perlu memperhatikan beberapa detik pertama dalam video yang menjadi hook,” jelasnya.

Indah Pratiwi berharap besar agar mahasiswa FT UMS dapat memanfaatkan media sosial dengan bijak dan efektif. “Ketika usia Anda sekarang ini, kita mau tidak mau harus terlibat atau ada di media sosial. Bijaklah dalam mengelola itu, terlibatlah secara positif,” ujarnya. Dengan pelatihan ini, diharapkan Ormawa FT UMS dapat mengelola media sosial mereka dengan lebih baik dan efektif, memberikan kontribusi positif bagi organisasi dan masyarakat luas.

Kontributor : Maysali
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE