AUMBerita

Berkemajuan! UMS Akan Bentuk Pusat Robot Pasca Kontes Robot Indonesia 2024

PWMJATENG.COM, Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) baru saja menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024. Meskipun tim UMS belum meraih podium, Rektor UMS, Sofyan Anif, mengumumkan rencana pembentukan Pusat Robot UMS sebagai langkah strategis ke depan.

Sofyan Anif menjelaskan bahwa KRI 2024 menjadi momentum penting bagi UMS. “Kami bangga dan turut berbahagia sebagai tuan rumah KRI Tahun 2024. Walaupun tim UMS belum berhasil mendapatkan podium, saya yakin ini dapat menjadi ghirah yang berarti untuk kami dalam mengembangkan robot di UMS,” ungkapnya pada Jumat, 5 Juli 2024, saat penutupan acara di Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS.

Sofyan Anif menekankan bahwa acara ini merupakan evaluasi dan batu loncatan untuk kemajuan UMS di bidang robotika. Menurutnya, meskipun belum ada kemenangan, semangat dan antusiasme tim UMS harus diapresiasi. “Ini adalah awal dari komitmen kami untuk lebih fokus dalam pengembangan robotika,” tambahnya.

Baca juga, Sirah Nabawiyah: Kelahiran dan Pendidikan Awal Nabi Muhammad Saw.

Rois Fatoni, Dekan Fakultas Teknik UMS, juga menegaskan pentingnya peningkatan fasilitas dan dukungan untuk pengembangan robotika di UMS. “Kekuatan SDM kita tidak kalah, hanya saja fasilitas pengembangan robotik belum optimal. Dengan komitmen dari dosen untuk membimbing mahasiswa, saya yakin kita bisa lebih maju,” ujarnya.

Rois berharap tambahan fasilitas dari kampus dapat memaksimalkan potensi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan robotika. “Mudah-mudahan nanti ada tambahan fasilitas dari kampus sehingga dapat memaksimalkan potensi mahasiswa,” lanjutnya.

Ketua Dewan Juri, Benyamin Kusumoputro, memberikan dukungan dan saran kepada tim UMS. Dalam diskusi santai, Benyamin mendorong Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) untuk membentuk perkumpulan atau kompetisi robotika guna memperkuat kemampuan robotik kampus-kampus Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. “Saya harap PTMA dapat mengembangkan bidang robotika dengan baik,” katanya.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE