AUMBerita

Terungkap! Cara Jitu Mendidik Anak ala Seminar Parenting SMK Muhammadiyah Bumiayu

PWMJATENG.COM, Brebes – Ratusan siswa dan wali murid SMK Muhammadiyah Bumiayu mengikuti Seminar Parenting yang diadakan di Hanggar pada Jumat (14/06). Acara ini ditujukan untuk siswa kelas X dan XI serta bertujuan meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya parenting dalam membentuk karakter dan tumbuh kembang anak.

Parenting, atau pola asuh, tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan jasmani anak tetapi juga mencakup komunikasi dan psikologi anak. Seminar bertajuk “Membangun Karakter Tangguh, Jiwa Wirausaha, dan Siap Kerja” ini menghadirkan pembicara Gus Marlock, pendiri Character Building for SMK asal Tegal. Seminar ini diharapkan dapat memantik keharmonisan relasi antara anak dan orang tua, demi meraih keberkahan Allah SWT, ungkap Muhammad Firmanuddin selaku Ketua Panitia.

Kepala SMK Muhammadiyah Bumiayu, Faiz Hanani, menyatakan pentingnya pendidikan parenting dalam membentuk karakter anak yang sesuai dengan ajaran agama dan harapan bangsa. “Semoga dengan adanya Seminar Parenting dapat membangun harmonisasi relasi antara sekolah, orang tua, dan siswa agar peserta didik siap menyongsong masa depan gemilang dengan segala keterampilan dan ketangguhan jiwa raga,” ujarnya.

Ketua Majelis Dikdasmen & PNF PCM Bumiayu, Shodiqun, menegaskan bahwa seminar ini adalah wujud kesamaan visi antara orang tua dan SMK Muhammadiyah Bumiayu dalam membangun generasi unggul, multitalenta, dan beradab untuk menyongsong era digital. “Semoga seminar parenting ini bisa menjadi media edukasi bagi orang tua agar menjadi figur hebat dan tangguh dalam mendidik putra-putrinya,” tuturnya.

Baca juga, Memakmurkan Masjid Muhammadiyah

Gus Marlock, dalam presentasinya, menyampaikan enam kunci sukses menjadi alumni SMK Muhammadiyah Bumiayu yang tangguh dan berjiwa wirausaha. “Pertama, perbanyak doa dengan menunaikan ibadah wajib dan sunnah secara konsisten. Kedua, hindari segala perbuatan yang dilarang agama. Ketiga, selalu mengasihi dan menyayangi orang tua serta guru sebagai sumber keberkahan ilmu dan rezeki. Keempat, biasakan diri beramal sholeh dengan ilmu yang dimiliki. Kelima, bersihkan niat dan luruskan tujuan untuk menggapai ridha Allah SWT. Keenam, berusaha dan berikhtiar semaksimal mungkin dengan langkah strategis sesuai kemampuan dan memanfaatkan peluang emas yang ada,” jelasnya.

Prinsip utama pola asuh yang baik, lanjut Gus Marlock, adalah membesarkan dan mendidik anak dengan penuh kasih sayang, sambil mendukung, membimbing, dan menjadi teman yang menyenangkan. “Pentingnya pendidikan parenting ini akan menjadi media ampuh agar orang tua bisa menjadi contoh baik bagi anak-anaknya,” tegasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua PCM Bumiayum Sukmono, Ketua Majelis Dikdasmen & PNF Shodiqun, Kepala SMK Mutubumi Faiz Hanani, serta para wakil kepala sekolah dan dewan guru. Ratusan wali murid kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Bumiayu turut berpartisipasi, menjadikan acara ini sukses besar dan memberikan manfaat nyata bagi seluruh peserta.

Kontributor : Tarqum Aziz
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE