SMK Muhammadiyah 3 Weleri Gelar Sekolah Safety Riding Mandiri

0
314

KENDAL – Mengendarai motor dalam kondisi aman dan nyaman adalah kebutuhan pokok bagi setiap pengendara sepeda motor maka untuk menekan tingkat angka kecelakaan kendaraan bermotor diperlukan edukasi dini tentang keamanan berkendaraan dengan sasaran pelajar. Safety Riding dimaksudkan para pengendara motor harus berprilaku ideal, yaitu memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi pengendara dan orang lain. Demikian kesimpulan dari Sekolah Safety Riding Mandiri (SSRM) Rabu ( 14/9/16) di SMK Muhammadiyah 3 Weleri sebagai satu – satunya sekolah di Kabupaten Kendal yang ditunjuk oleh PT Astra Honda Motor dan Kepolisian untuk menggelar SSRM.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari siswa/i SMK binaan PT Astra, yaitu SMK Muhammadiyah 3 Weleri, SMK N 2 Kendal, SMK Bligo Pekalongan, SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, Kendal, SMK NU Limpung, Batang, dan SMK Ar rahman Watussalam Pekalongan. Pelatihan SSRM ada dua bentuk, yaitu teori di ruang kelas dan praktek dilaksanakan di halaman sekolah. Dalam teori disampaikan tentang undang – undang berlalu lintas, kemudian dilanjutkan dengan praktek mengendarai sepeda motor yang sebelumnya diberi contoh oleh instruktur. Setiap siswa diminta mempraktekkan beberapa poin diantaranya slalom, yaitu melatih berkemampuan menjaga keseimbangan irama tubuh ketika sedang melewati jalan tikungan. Jalan titian, pengendara motor berprilaku menjaga keseimbangan tubuh, tetapi lebih fokus karena yang dilalui jalan sempit, sedangkan pelatihan pengereman dilakukan secara ideal, artinya komposisi mengerem adalah 60 % rem depan, dan 40 % rem belakang.
“ SSRM terselenggara atas kerja sama antara pihak sekolah, PT Astra Honda Motor, dan Kepolisian “ kata kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, H. Yusuf Darmawan, M.Pd, Dip.Kmd ketika ditemui di ruang kerjanya. Ia menilai kegiatan Sefety Riding memiliki banyak manfaat bagi pelajar maupun masyarakat umum.
“ SSRM memiliki banyak manfaan, antara lain sebagai standar ujian bagi pengendara motor untuk memperoleh SIM C , sebagai komunitas layanan pendidikan Sefety Riding yang bekerjasama dengan SSRM lain dalam binaan PT Astra Honda Motor dan Kepolisian, dan masyarakat luas bisa menggunakan arena tersebut untuk latihan “ jelasnya.
“ Kami berharap kepada Kepolisian agar arena latihan safety riding di sekolahan kami bisa dijadikan tempat ujian memperoleh SIM C “ pintanya. (A. Gofur/MPI Kendal)