Hukum Membaca Qunut pada Salat Witir
Hukum Membaca Qunut pada Salat Witir
Oleh : Dr. H. Ali Trigiyatno, M.Ag.*
PWMJATENG.COM – Salah satu pertanyaan warga terkait amaliah malam Ramadan khususnya separuh ke atas adalah masalah qunut dalam salat witir. Bagaimana kita menyikapi qunut witir?
Salah satu dasar hadis yang dirujuk dalam qunut witir adalah hadis di bawah ini.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ عَنْ أَبِي الْحَوْرَاءِ السَّعْدِيِّ قَالَ قَالَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي الْوِتْرِ اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ مِنْ حَدِيثِ أَبِي الْحَوْرَاءِ السَّعْدِيِّ وَاسْمُهُ رَبِيعَةُ بْنُ شَيْبَانَ وَلَا نَعْرِفُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْقُنُوتِ فِي الْوِتْرِ شَيْئًا أَحْسَنَ مِنْ هَذَا وَاخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي الْقُنُوتِ فِي الْوِتْرِ فَرَأَى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ الْقُنُوتَ فِي الْوِتْرِ فِي السَّنَةِ كُلِّهَا وَاخْتَارَ الْقُنُوتَ قَبْلَ الرُّكُوعِ وَهُوَ قَوْلُ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ وَبِهِ يَقُولُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَابْنُ الْمُبَارَكِ وَإِسْحَقُ وَأَهْلُ الْكُوفَةِ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ أَنَّهُ كَانَ لَا يَقْنُتُ إِلَّا فِي النِّصْفِ الْآخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَكَانَ يَقْنُتُ بَعْدَ الرُّكُوعِ وَقَدْ ذَهَبَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ إِلَى هَذَا وَبِهِ يَقُولُ الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ (سنن الترمذي – شاكر + ألباني (2/ 328)
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Abu Al Ahwash dari Abu Ishaq dari Buraid bin Abu Maryam dari Abu Al Khaura’ As Sa’di dia berkata: Al Hasan bin Ali radliallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam mengajariku beberapa kalimat yang saya ucapkan dalam shalat witir, yaitu ALLAHUMMAHDINI FIIMAN HADAIT, WA’AAFINI FIIMAN ‘AFAIT, WATAWALLANII FIIMAN TAWALLAIT, WABAARIK LII FIIMA A’THAIT, WAQINII SYARRAMA QADLAIT, FAINNAKA TAQDLI WALAA YUQDLA ‘ALAIK, WAINNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIT, TABAARAKTA RABBANA WATA’AALAIT. (perawi) berkata: dalam bab ini (ada juga riwayat -pent) dari Ali. Abu Isa berkata: ini adalah hadis hasan, kami tidak mengetahui (jalur periwayatannya) selain dari jalur ini, dari hadits Abu Al Khaura’ As Sa’di dan namanya adalah Rabi’ah bin Syaiban, kami juga tidak mengetahui dari Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam sesuatupun dari qunut witir yang lebih bagus dari ini. Para ulama berbeda-beda mengenai masalah qunut witir, Abdullah bin Mas’ud berpendapat qunut witir dikerjakan disetiap tahunnya, sebagian ulama memilih untuk mengerjakan qunut sebelum ruku’ diantaranya adalah perkataan Sufyan At Tsauri, Ibnu Mubarak, Ishaq dan penduduk Kufah. Telah diriwayatkan dari Ali bin Abu Thalib bahwa dia tidak melaksanakan qunut melainkan di pertengahan akhir bulan Ramadlan, dan melaksanakan qunut setelah ruku’, sebagian para ulama juga berpendapat seperti ini, seperti perkataan Syafi’i dan Ahmad. (HR Tirmidzi)
Hadis di atas disahihkan oleh al-Albani dan Abu Thahir Zubair ‘Ali Zai (lihat software Hadistsoft) hadis serupa diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah dan menurut penilaian al-Arnauth dihukumi sahih. Dalam riwayat Imam Ahmad dihukumi sahih juga oleh al-Arnauth dan Ahmad Syakir. Prof Syamsul Anwar setelah meneliti sanad hadis di atas berkesimpulan hadis ini dhaif. (lihat buku beliau berjudul Salat Tarawih halaman 391)
Menyikapi qunut witir, penulis kitab Ahkam Qiyam lail menulis :
القنوت في الوتر لم يثبت فيه حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم لا من قوله ولا من فعله . قال الإمام أحمد : لا يصح فيه عن النبي صلى الله عليه وسلم شيء….) .وقال الإمام ابن خزيمة رحمه الله : ( ولست أحفظ خبراً ثابتاً عن النبي صلى الله عليه وسلم في القنوت في الوتر …). غير أنه ثبت عن بعض الصحابة رضى الله عنهم كما قال عطاء حين سئل عن القنوت قال : كان أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم يفعلونه
Qunut dalam salat witir tidak tetap berasal dari Nabi Saw. baik melalui ucapan maupun perbuatan nabi. Imam Ahmad berkata : Tidak ada yang sahih dari Nabi seputar qunut Witir. Imam Ibnu Khuzaimah berkata, Aku tidak menghafal khabar yang meyakinkan dari nabi tetang qunut beliau saat salat witir. Memang, qunut witir meyakinkan diamalkan banyak sahabat Nabi sebagiamana jawaban Atha` Ketika ditanya.
Jika diperhatikan, hadis-hadis tentang tata cara salat witir Nabi memang tidak menyinggung-nyinggung qunut witir. Seandainya qunut witir itu rutin dilakukan Nabi dalam salatnya, maka tentunya Siti Aisyah maupun sahabat lain akan banyak yang meriwayatkannya.
Memang, qunut witir termasuk permasalahan yang diperselisihkan hukumnya di kalangan ulama fikih. Dalam kitab al-Fiqh al-Muyassar dijelaskan ada 4 pendapat dalam soal ini.
Pertama : Qunut witir hukumnya wajib sepanjang tahun, ini dikemukakan oleh Imam Abu Hanifah namun kedua sahabatnya menentangnya degnan mengatakan bahwa qunut witir hanya sunah dilakukan sepanjang tahun.
Kedua : Qunut witir tidak disyariatkan, ini adalah pendapat mayhur dalam mazhab Maliki, namun ada satu riwayat dari Imam Malik bahwasanya beliau qunut witir di 10 malam terakhir Ramadhan.
Ketiga : Disunnahkan qunut witir di separuh kedua bulan Ramadan, ini adalah pendapat masyhur dalam mazhab Syafi’i. Ada satu pendapat di mazhab ini bahwa qunut dilakukan di seluruh bulan Ramadan, ada juga yang berpendapat qunut witir bisa dilakukan di sepanjang tahun tanpa makruh dan tidak ada sujud sahwi jika ditinggalkan kecuali jika meninggalkan qunut di separuh terakhir Ramadan.
Keempat : Disunnahkan qunut witir sepanjang tahun, ini yang masyhur dalam mazhab Hanabilah dan yang diamalkan dalam mazhab ini.
Selanjutnya penulis kitab Fiqh al-Muyassar berkomentar sebagai berikut :
والأظهر -والله أعلم- أن قنوت الوتر، سنة لكن لا يداوم عليه؛ لأنه لم يثبت عنه – صلى الله عليه وسلم – أنه كان يقنت في الوتر، فالصحابة الذين رووا الوتر لم يذكروا القنوت فيه، فلو كان – صلى الله عليه وسلم – يفعله دائمًا لنقلوه إلينا جميعًا، وكون أحد الصحابة روى ذلك عنه دل على أنه كان يفعله أحيانًا، أي: لا يداوم عليه.
Yang lebih nampak, wallahu a’lam, bahwasanya qunut witir itu sunah namun tidak perlu dilanggengkan terus menerus, mengingat tidak tetap dari Nabi bahwa beliau qunut dalam witir. Sahabat yang meriwayatkan salat witir dari Nabi tidak menyebutkan adanya qunut dalam salat witir Nabi, jika memang Nabi selalu membaca qunut witir maka tentunya beritanya akan sampai ke kita semua. Jika ada satu sahabat yang meriwayatkan qunut witir dari beliau hanya menunjukkan bahwa beliau kadang mengamalkannya, bukan selalu mengamalkan.
Sementara Ibnu al-Qayyim dalam kitab Zad al-Ma’ad menyatakan:
وَالْقُنُوتُ فِي الْوِتْرِ مَحْفُوظٌ عَنْ عُمَرَ وَابْنِ مَسْعُودٍ وَالرّوَايَةُ عَنْهُمْ أَصَحّ مِنْ الْقُنُوتِ فِي الْفَجْرِ وَالرّوَايَةُ عَنْ النّبِيّ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ فِي قُنُوتِ الْفَجْرِ أَصَحّ مِنْ الرّوَايَةِ فِي قُنُوتِ الْوِتْرِ . وَاَللّهُ أَعْلَمُ . زاد المعاد في هدي خير العباد ـ مشكول وموافق للمطبوع (1/ 323)
Qunut witir itu meyakinkan dari Umar dan Ibnu Mas’ud. Riwayat qunut witir dari mereka lebih sahih dibanding qunut subuh, dan riwayat dari Nabi tentang qunut subuh lebih sahih dibanding qunut witir. Wallahu a’lam.
Jadi dalam penilaian Ibnu al-Qayyim, riwayat adanya qunut witir dari Nabi lebih lemah dibanding riwayat qunut subuh. Maka wajar jika majelis tarjih tidak mengamalkan qunut witir yang penisbatan kepada Nabi lebih lemah dibanding qunut subuh.
Majelis Tarjih Muhammadiyah sendiri memutuskan membaca doa qunut Witir, yang dibaca sesudah iktidal sebelum sujud pada rakaat terakhir di malam shalat Witir baik di akhir bulan Ramadhan maupun pertengahannya tidak disyariatkan. Karena itu tidak perlu kita mengamalkannya. Dalil-dalil yang menyatakan adanya doa qunut seperti riwayat Abu Dawud, at-Tirmidzy, riwayat An-Nasaiy, riwayat Ahmad dan riwayat Ibnu Majah dipandang kurang kuat karena ada perawi-perawi yang dipandang dhaif (TJA II, h. 76).
Hadis-hadis yang dijadikan alasan bagi qunut witir diperselisihkan oleh ahli-ahli hadis. Muktamar masih merasa memerlukan penelitian dan mempertimbangkan dasar perbedaan penilaian ahli-ahli hadis tersebut. Maka diambil keputusan tawaqquf untuk membahas pada lain kesempatan (HPT; 380, TJA VI, 44).
Sementara sikap moderat dijelaskan oleh Ibnu Taimiyah setelah menyebutkan pendapat para ulama tentang qunut witir.
وَحَقِيقَةُ الْأَمْرِ أَنَّ قُنُوتَ الْوِتْرِ مِنْ جِنْسِ الدُّعَاءِ السَّائِغِ فِي الصَّلَاةِ مَنْ شَاءَ فَعَلَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ . كَمَا يُخَيَّرُ الرَّجُلُ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثِ أَوْ خَمْسٍ أَوْ سَبْعٍ وَكَمَا يُخَيَّرُ إذَا أَوْتَرَ بِثَلَاثِ إنْ شَاءَ فَصَلَ وَإِنْ شَاءَ وَصَلَ . وَكَذَلِكَ يُخَيَّرُ فِي دُعَاءِ الْقُنُوتِ إنْ شَاءَ فَعَلَهُ وَإِنْ شَاءَ تَرَكَهُ وَإِذَا صَلَّى بِهِمْ قِيَامَ رَمَضَانَ فَإِنْ قَنَتَ فِي جَمِيعِ الشَّهْرِ فَقَدْ أَحْسَنَ وَإِنْ قَنَتَ فِي النِّصْفِ الْأَخِيرِ فَقَدْ أَحْسَنَ وَإِنْ لَمْ يَقْنُتْ بِحَالِ فَقَدْ أَحْسَنَ .
“Hakekatnya, qunut witir adalah sejenis do’a yang dibolehkan dalam shalat. Siapa yang mau membacanya, silakan. Dan yang enggan pun dipersilakan. Sebagaimana dalam shalat witir, seseorang boleh memilih tiga, lima, atau tujuh raka’at semau dia. Begitu pula ketika ia melakukan witir tiga raka’at, maka ia boleh melaksanakan 2 raka’at salam lalu 1 raka’at salam, atau ia melakukan tiga raka’at sekaligus. Begitu pula dalam hal qunut witir, ia boleh melakukan atau meninggalkannya sesuka dia. Di bulan Ramadhan, jika ia membaca qunut witir pada keseluruhan bulan Ramadan, maka itu baik. Jika ia berqunut di separuh akhir bulan Ramadan, itu pun baik. Jika ia tidak berqunut, juga baik.” (Majmu’ Al Fatawa, 22: 271)
*Dosen UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.
Editor : M Taufiq Ulinuha