Khazanah Islam

Apabila Allah Berkehendak Mengguncang Bumi, Maka Manusia Tidak Bisa Menghindar: Bagian Keenam Belas

Oleh : Rumini Zulfikar (Gus Zul) (Penasehat PRM Troketon, Anggota Bidang Syiar MPM PDM Klaten, Anggota Majelis MPI & HAM PCM Pedan)

PWMJATENG.COM – “Jangan mengira bahwa yang di langit tidak bisa mengguncang makhluk yang ada di bumi.”

Secara logika, manusia mungkin berpikir bahwa jarak antara langit dan bumi sangat jauh, ribuan kilometer, sehingga mustahil terjadi gangguan dari langit ke bumi. Kebanyakan manusia merasa aman dan tidak menyadari bahwa dari jarak yang jauh itu, Allah dapat mengguncang bumi. Fenomena seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan puting beliung adalah bentuk kekuasaan-Nya.

Hal ini ditegaskan dalam Surah Al-Mulk ayat 16, yang berisi pertanyaan dari Allah kepada umat manusia:

 
مَّنْ فِى السَّمَاۤءِ اَنْ يَّخْسِفَ بِكُمُ الْاَرْضَ فَاِذَا هِيَ تَمُوْرُۙ

a amintum man fis-samā`i ay yakhsifa bikumul-arḍa fa iżā hiya tamụr

Artinya: “Sudah merasa amankah kamu bahwa Dia yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang?”

Baca juga, Segregasi Kepemimpinan: Tantangan dan Solusi

Hikmah yang Terkandung dalam Ayat 16

Ayat ini secara gamblang menjelaskan bahwa secara akal, logika manusia tidak bisa melawan apa yang menjadi kehendak-Nya. Ketika Tuhan sudah berkehendak “kun” maka terjadilah. Hal ini mengingatkan kita bahwa di balik segala sesuatu, ada kekuasaan-Nya yang tidak bisa ditembus oleh apapun.

Oleh karena itu, dengan mendekatkan diri kepada Allah, kita akan menjalin hubungan rohani yang lebih kuat. Ini menjadikan kita umat yang sadar dan tahu diri kepada Sang Pencipta, bukan sebaliknya, yaitu mengingkari dan mengabaikan seruan serta peringatan-Nya.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE