Siapkan Edupreneur, PGSD UM Purworejo Gelar Expo Media Pembelajaran SD

0
52

PWMJATENG.COM, Purworejo – Merupakan salah satu langkah strategis dalam rangka mempersiapkan pendidik yang kreatif inovatif, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo (PGSD UMP) selenggarakan Expo Media Pembelajaran untuk sekolah dasar pada Sabtu (13/1) di Komplek Kampus Laboratorium Terpadu UMP Plaosan. Disampaikan Akhmad Maksum koordinator mahasiswa bahwasanya kegiatan expo ini diikuti oleh mahasiswa PGSD UMP semester 3 dan juga dihadiri dari siswa-siswi SD Muhammadiyah dan SD Negeri di Kabupaten Purworejo beserta guru pembimbingnya.

“Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yakni kunjungan laboratorium bagi siswa SD, Kunjungan dan pembuatan media pembelajaran dari bahan bekas tingkat SMA/SMK, MoU PGSD UMP dengan Pihak SD dan Kunjungan stand expo media pembelajaran IPA, IPS dan PKN yang ditata di sudut-sudut selasar ruangan pada 3 tingkat bangunan,”ujar Akhmad Maksum.

Ditambahkan Nur Ngazizah, S.Si., M.Pd. Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Dosen Pengampu Mata Kuliah Media Pembelajaran menekankan bahwasanya agenda yang baru dilaksanakan perdana kali ini juga menjadi momentum sosialisasi visi-misi Program Studi PGSD UMP kepada khalayak umum.

“Selain sebagai ajang sosialisasi, agenda Expo media pembelajaran ini merupakan tindak lanjut daripada pelaksanaan mata kuliah media pembelajaran yang sudah diterima mahasiswa sebelumnya. Sebagai wujud nyata bahwa pendidikan yang dikembangkan PGSD UMP ini tidak hanya berkutat di dalam kelas saja tetapi mahasiswa dapat berkarya nyata kemudian mengembangkan ilmu tersebut dalam bentuk produk media pembelajaran. Setelah diproduksi dipamerkan dalam expo semacam ini. Maka, akan ada penilaian masukan terhadap produk tersebut yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan perbaikan serta pengembangan lainnya,”ungkap Nur Ngazizah.

Lanjutnya, tema expo yang diangkap Education, Creativity and Enterpreneurship berdasarkan visi-misi progdi PGSD UMP yakni berkaitan dengan Edupreneur (Education – Enterpreneurship). “Setiap kegiatan program diharapkan nantinya tidak hanya berkontribusi untuk hasilkan guru yang dapat mengajar di kelas saja. Tetapi, harus mampu berkreasi berinovasi (ber-enterpreneurship) baik di kelas maupun di luar kelas. Media pembelajaran yang dihasilkan sebagian besar merupakan pemanfaatan barang bekas sebagai bahan dasarnya yang dengannya mahasiswa betul-betul dituntut untuk berkreasi dan berinovasi. Sehingga akan bisa mendidik siswa dengan kreatif inovatif,”tambah Nur Ngazizah.

“Harapan kami dengan adanya Expo media ini menjadi wahana pengembangan media pembelajaran dan yang nantinya bisa persiapkan bagi masyarakat khususnya guru sekolah dasar yang kreatif dan inovatif. Maka agenda ini diharapkan dapat memberikan masukan-masukan bagi mahasiswa terkait media pembelajaran yang telah dirancangnya. Rencana tindak lanjut ke depan adanya program diterjunkan langsungnya mahasiswa PGSD di sekolah dasar melalui program magang 1, 2 dan 3,”ungkap Titi Anjarini, M.Pd. Ketua Prgram Studi PGSD UM Purworejo.

Dalam agenda ini juga dilaksanakan penandatangan MoU (memorandum of understanding) antara PGSD UMP dengan perwakilan pihak SD yang hadir terkait media pembelajaran dan sharing kebutuhan dari SD yang dimungkinkan dapat dilaksanakan kerjasama dalam pelaksanaannya.

Pada akhir agenda diserahkan secara simbolis beberapa media pembelajaran hasil karya mahasiswa kepada perwakilan pihak SD yang diharapkan dapat mendukung pembelajaran terutama IPA, IPS dan PKN di sekolah dan disampaikan apresiasi juara bagi siswa SMA/SMK yang mendapatkan point terbaik dalam praktikum sederhana dan kelompok stand expo dengan mendapatkan apresiasi terbaik dari para pengunjung. (akhmad musdani)

TINGGALKAN KOMENTAR