Pupuk Karakter Kemandirian, Hizbul Wathan SMK MUHIGO Adakan Kemah Bakti di Sragen

0
557

PWMJATENG.COM, KARANGANYAR – Bangku pendidikan sekolah sebagai salah satu wahana pembentukan karakter anak perlu dikelola dengan berbagai kreasi inovatif yang sesuai dengan perkembangan usia. Keterbatasan waktu jam sekolah terkadang menjadi salah satu kendala efektivitas dan kualitas hasil pembentukan karakter pada siswa. Salah satu bentuk kegiatan tambahan atau ekstra kurikuler adalah Hizbul Wathan (HW) qabilah Jendral Soedirman SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo (MUHIGO) Karanganyar menggelar kemah bakti di lapangan Ngringin, Wonorejo, Kalijambe, Sragen pada (13/05). Kemah bakti diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMK MUHIGO selama 3 hari 2 malam sejak tangal 10-12 Mei 2017.

Kegiatan kemah bakti diawali dengan upacara pembukaan yang di pimpin Kepala SMK MUHIGO Agus M. Fauzi, M.Pd. dilanjutkan dengan pendirian tenda sebagai markas kegiatan masing-masing regu dilakukan berbagai macam kegiatan sebagaimana telah disusun oleh panitia kemah bakti.

Kemah bakti anggota Pandu Hizbul Wathan Qabilah Jendral Sudirman SMK MUHIGO Karanganyar kali ini diisi dengan berbagai kegiatan yang bersifat kemandirian, kerjasama, keterampilan atau ketangkasan. Sebagaimana disampaikan oleh Mekar MS., salah satu pembina kegiatan yang dilaksanakan oleh anak-anak antara laian bakti sosial dengan pembagian baksos kepada warga, pelaksanaan lomba seperti lomba tilawah, kaligrafi, menyusun puzzle ayat, memasak, sholat, pidato, pionering, dan perawatan jenazah.

Menurut kepala SMK MUHIGO, Agus Fauzi, banyak hal positif yang dapat diambil oleh para siswa dengan adanya kegiatan kemah bakti ini. “ harapannya kegiatan kemah bakti yang dilaksanakan ini bisa menumbuhkan karakter mandiri, disiplin, peduli lingkungan, dan ramah serta memupuk kerja sama, rasa persahabatan dan persaudaraan antar siswa” kata Agus Fauzi (MPI PDM Kra-JOe).

Sumber / gambar : Mekar SMK MUHIGO Karanganyar