Pemilihan Ketua Umum Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 1 Sragen Berjalan Demokratis

0
1807

PWMJATENG.COM, SRAGEN – Kegiatan pemilihan Ketua Umum PR IPM SMA Muhammadiyah 1 Sragen periode 2017-2018 dilaksanakan pada pagi yang cerah Pada Tanggal 24 November 2016. Menurut Ketua Umum PR IPM SMA Muhammadiyah 1 Sragen Djody Aulia. Mekanisme pemilihan kali ini meniru pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, disediakan 5 bilik pemilihan, tempat kotak suara dan tempat menyelupkan jari pada tinta.

Ketua IPM yang lama ber foto dengan kempat calon IPM
Ketua IPM yang lama ber foto dengan kempat calon IPM

Ada 4 calon ketua umum PR IPM yang mendaftarkan diri ke panitia pemilihan yaitu Ahmad Prayoga utama kelas X IPS 1, Fatwa Ilham Haqiqi kelas XI IPA 1, Muhammad Ilham Alhari kelas IPA 6, Pahesti Galuh P kelas X IPA5 . Masing-masing mempunyai pendukung yang fanatik. Bapak Mustofa,S.Pd,MM selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Sragen mengapresiasikan diadakannya pemilihan Ketua Pimpinan Ranting IPM meniru pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pemilihan seperti ini merupakan bentuk pendidikan demokrasi di sekolah dan diharapkan dengan pemilihan yang seperti ini bisa mendapatkan pemimpin ketua umum Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berkualitas.

Pemilih sedang Mencoblos di Bilik Pemilihan
Pemilih sedang Mencoblos di Bilik Pemilihan

Proses pemilihan Ketua Umum IPM di SMA Muhammadiyah 1 Sragen Melalui Pemilihan Langsung dapat menumbuhkan dan mengajarkan pendidikan politik yang jujur dan adil kepada siswa secara langsung dalam memilih pemimpin, disamping itu juga mengajarkan anak lebih dewasa dalam mensikapi perbedaan, ujar Bapak Mahfud Adnan, S.Sos selaku guru Bimbingan dan Konseling.

Setelah melalui perhitungan suara didapatkan perolehan suara Ahmad Prayoga utama 49 Suara , Fatwa Ilham Haqiqi 230 Suara, Muhammad Ilham Alhari 214 Suara dan, Pahesti Galuh P 21 Suara. Dengan demikian pemilihan ketua IPM SMA Muhammadiyah 1 Sragen dimenangkan oleh Fatwa Ilham Haqiqi dengan perolehan 230 Suara. (*)