Pelatihan Kearsipan PDM Kota Magelang

0
315

Pentingnya menjaga dan menertibkan dokumen organisasi dalam persyarikatan mendapat perhatian serius dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang. Belum lama ini PDM Kota Magelang bekerjasama dengan Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kota Magelang mengadakan Pelatihan Kearsipan. Pelatihan diikuti oleh 50 peserta dari lingkungan amal usaha Muhammadiyah se-Kota magelang.
Bagi Muhammadiyah kemampuan mengelola dokumen dan data tentu dibutuhkan, bahkan sebuah keharusan. Terlebih bagi amal usaha Muhammadiyah, meningkatkan keamanan dan ketelitian dalam pengarsipan merupakan kerja-kerja organisasi yang mutlak diadakan.
Seperti dikatakan oleh Ketua PDM Kota Magelang Drs. H. Djaman Muhyidin, dalam sambutannya menyampaikan tentang perlunya penataan arsip dan dokumen Muhammadiyah. “Kegiatan pelatihan kearsipan ini diharapkan dapat menata serta menertibkan pengarsipan dokumen dimasing-masing amal usaha, karena berdasarkan pengalaman beberapa waktu yang lalu ketika Muhammadiyah akan menulis buku sejarah Muhammadiyah Kota Magelang banyak arsip yang terlewatkan karena sulitnya mencari dokumentasi masa lalu”, kata Djaman.
Dijual “kiloan”
Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Magelang, Widhi Haryani, SH, M. Hum, juga mengapresiasi pelatihan itu. Menurutnya, kerjasama ini diharapkan memberikan kesadaran tentang pentingnya dokumen. “Sebagai instansi yang membidangi tentang kearsipan saya sungguh prihatin dengan yang namanya kearsipan karena selama ini banyak organisasi maupun instansi yang meremehkan arsip. Bahkan terkadang surat-surat maupun dokumen yang lain sangat mudah tercecer atau malah dijual kiloan,” katanya. (Fury Fariansyah)