OSAI 2 Bentuk Generasi Cerdas dan Berakhlaqul Karimah

0
647

PWMJATENG.COM, PURWOREJO –  Merupakan sebagai bentuk wahana mencetak generasi-generasi muda bangsa dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompetitif, maju dan maraknya pengaruh budaya negatif serta proses pembentukan jati diri yang berakhlal mulia. Bertempat di Komplek Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Purworejo Ikatan Pelajar Muhammadiyah MBS Purworejo dengan didukung seluruh warga pondok pesantren mengadakan kompetisi  dalam bidang akademik, agama dan kebudayaan untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs tingkat Kedu yang diberi tajuk Olimpiade Sains dan Agama Islam 2 (OSAI 2). Adapaun tema yang diangkat “Membentuk Generasi Bangsa Bangsa yang Cerdas dan Berakhlaqul Karimah”. Dihadiri dan diikuti kurang lebih 200an peserta lomba beserta guru pendampingnya berasal beberapa daerah di karesidenan kedu.

3001-catur3001-ngaji na

“OSAI 2 ini merupakan program tahunan dengan penyelenggaraan yang kedua kali nya setelah sukses pada kegiatan yang sama tahun lalu. Semoga kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi pelajar terutama di wilayah kedu” ujar Khusni Nasiruddin selaku Ketua Panitia, Ahad (29/1).

Dilengkapi oleh Direktur MBS Purworejo Ustdz. Abdullah Sutrisno, S.Pd.I. bahwasanya selain itu tujuan penyelenggaraan guna melatih siswa bersikap sportif dalam berkompetisi, meningkatkan motivasi berjuang dan membentuk generasi berakhlaqul karimah serta sebagai ta`aruf pendidikan  dikembangkan oleh MBS Purworejo dimana tidak hanya bidang akademik, non akademik tetapi juga pembentukan akhlak karimah santri-santrinya.

Cabang perlombaan yang dikompetisikan terdiri dari 8 cabang yaitu Tahfidzul Quran, Tilawatil Quran, Olimpiade MIPA, Melukis, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Jawa, Macapat dan Catur.

3001-dai pur

Melalui sambutannya, Drs. H. Pujiono Ketua PD Muhammadiyah Purworejo menekankan bahwasanya selain sebagai momentum publikasi dan ta`aruf lembaga Muhammadiyah Boarding School Purworejo agenda yang diselenggarakan kali ini diharapkan dapat turut serta memberikan kontribusi  dalam menyeimbangkan antara berbagai kecerdasan meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Selain itu, disampaikan bahwasanya beribadah bukan hanya pada ibadah yang berbentuk ritual semata tetapi harus ada implikasinya kepada kebermanfaatannya bagi masyarakat sekitar atau rahmatan lil`aalamiin. Ditambahkan pula, Muhammadiyah Purworejo mendorong terwujudnya Islam yang Berkemajuan di daerah Kabupaten Purworejo dengan pemimpin yang berakhlaqul karimah.

“Kegiatan OSAI 2 ini jadi tolak ukur kecerdasan ESQ siswa yang telah mengikuti proses pendidikan dan pengajaran di lembaganya masing-masing. Juga melalui kegiatan ini sebagai bentuk pengenalan lebih lanjut tentang lembaga pendidikan pondok pesantren ini pada masyarakat umum. Untuk seluruh peserta selamat ber-fastabiqulkhairaat, berkompetisi dengan fair, adil dan jujur” ujar Drs. H. Pujiono selaku Ketua PDM Purworejo.

Setelah melalui proses perlombaan dan penjurian didapat rincian kejuaraan sebagai berikut

Agenda kali ini dimeriahkan dengan performance Grup Marawis MBS Purworejo, Stand Up Comedy oleh Santriwan, Pembacaan Puisi, Macapat dan  hafalan santri.

 “Kami sepenuhnya mendukung pelaksanaan agenda kompetisi kali ini yang diikuti dari berbagai macam daerah. Harapan besar bahwasanya masyarakat semakin mengenal lembaga pendidikan ini dengan segala program dan keunggulannya yang tidak hanya mengembangkan pendidikan akademik, no akademik tetapi juga pengembangan akhlak karimah serta dapat menambah pengalaman pada setiap peserta yang ikuti baik di atas panggung” tutup Sumarmo, S.Pd. selaku Ketua PCM Pituruh. (Akhmad Musdani)