Muhammadiyah Purworejo Gelorakan Pendidikan Membentuk Karakter Berkemajuan

0
631

PWMJATENG.COM, PURWOREJO – Memperingati Milad Muhammadiyah 107/ 104 M, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan acara yang bertajuk Seminar Nasional  dengan mengusung tema “Membangun Karakter Indonesia Berkemajuan” bersama Prof. Dr. (Eng) H. Imam Robandi, M.T. (Guru Besar Institute Sepuluh November Surabaya ITS, Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah), pada Sabtu (3/12/16) yang bertempat di Auditorium Kasman Singodimedjo Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Dalam acara itu turut hadir Tri Handoyo, MM. (Sekertaris Daerah Kabupaten Purworejo), Kasat Bimas Polres Kabupaten Purworejo Supriyadi, dan Dandim Kabupaten Purworejo, pengurus PDM dan PDA Purworejo, seluruh pimpinan Ortom tingkat daerah, Amal Usaha Muhammadiyah dan seluruh warga Muhammadiyah Purworejo.

0512-karakter-2

Ketua PDM Purworejo, mengatakan jadikanlah Milad Muhammadiyah sebagai momentum warga Muhamadiyah untuk mengevaluasi gerakan tajdid (pembaruan) ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Purworejo. Untuk itu dalam perhelatan milad ini menghadirkan Prof. Dr. (Eng) H. Imam Robandi, M.T, untuk mengupas masalah pendidikan di Kabupaten Purworejo khsusnya disekolah-sekolah Muhammadiyah di Purworejo,” ugkapnya.

Baliau juga menambahkan “Dakwah Muhammadiyah melalui jalur pendidikan haruslah kompetitif dan berdedikasi tinggi untuk menunjang karakter sebagai upaya memajukan bangsa, karena gerakan Muhammadiyah adalah mencerahkan bangsa lewat pendidikan. Muhammadiyah Purworejo dengan seluruh elemen yang ada di Kabupaten Purworejo terus menjalin untuk kemajuan Purworejo, agar Purworejo tak lagi menjadi kota yang berjuluk pensiunan dan bisa selevel dengan daerah lain,” jelasnya.

Semenrata itu sekertaris Daerah Kabupaten Purworejo Tri Handoyo, MM., yang mewakili Baupati Purworejo menyambut baik adanya seminar pendidikan dalam rangka Milad Muhammadiyah PDM Purworejo yang menyerukan tema “Membangun Karakter Indonesia Berkemajuan, dimana misi Indonesia berkemajuan merupakan aktualisasi dari UUD 1945. Berkemajuan adalah tujuan untuk mencapai hal yang ideal dan senantiasa berorientasi kedepan sehingga harus dijadikan visi bersama,” tandasnya.

0512-karakter-3

Beliua juga mensosialisasikan adanya Kabupaten Purworejo dengan dibangunya Bandara di Kulon Progo, membangun Bendungan di Bener, dan adanya Kawasan Borobudur termasuk tiga agenda besar yang melibatkan Kabupaten Purworejo untuk ikut berperan mengembangkan kemajuannya disegala sektor sehingga adanya pembangunan. Inilah usaha berkemajuan Kabupaten Purworejo supaya bisa kompetitif sehingga bisa bersaing dengan daerah lain,” ungkapnya.

Acara semarak Milad Muhammadiyah Purworejo juga dimeriahkan dengan pembagian trofi kejuaraan masing-masing kategori lomba yang diikuti oleh seluruh sekolah Muhamadiyah Purworejo dari tingkat SD/MI, SMP dan SMA/SMK sebagai upaya menyemangati para siswa. Dan acara seminar pendidikan yang disampaikan Prof. Dr. (Eng) H. Imam Robandi, M.T. sebagai upaya memupuk para siswa dan guru sekolah-sekolah Muhammadiyah yang hadir untuk terus berupaya dan konsen terhadap kemajuan pendidikan dan peserta didik sebagai upaya mencetak generasi-generasi berkarakter berkemajuan. (andi mahfuri)