Muhammadiyah Mitra Pemerintah

0
318

PURWOREJO – Pembukaan musyawarah wilayah (muswil) Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah tadi malam berlangsung semarak.Acara yang dipusatkan di gedung olahraga (GOR) WR Supratman Purworejo ini,dibuka oleh Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan dihadiri ribuan kader Muhammadiyah dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Muswil berlangsung sejak kemarin hingga Minggu (10/10) di kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hujan deras yang mengguyur Purworejo tidak menyurutkan para kader untuk memenuhi GOR tersebut. Bahkan sepanjang acara tidak ada undangan yang meninggalkan lokasi. Padahal hujan deras dan hawa dingin cukup terasa.Para peserta dan kader Muhammadiyah tetap dengan seksama mendengarkan ceramah dan tausiyah dari Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Dalam sambutannya,Din Syamsuddin menuturkan Muhammadiyah harus bisa menempatkan diri agar bisa diterima di masyarakat. Hubungan kerja sama yang telah terjalin, harus bisa ditingkatkan baik dengan pemerintah,maupun masyarakat. Segala komponen yang ada harus bersatu untuk bisa mencapai cita-cita pembangunan seperti yang dirumuskan para pendiri bangsa.“Kerja sama dan kemitraan dengan masyarakat akan memudahkan mencapai cita-cita bangsa,” jelas Din.

Belakangan, kata dia, arus globalisasi telah berdampak terhadap jati diri bangsa.Banyak pihak kebingungan untuk berperan.Masalah akhlak dan kaidah telah tergerus oleh kemajuan zaman. Hal ini menyebabkan disorientasi bangsa yang rawan menimbulkan perpecahan. “Semestinya bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang rendah hati atau thawaduk”tambahnya. Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo berharap jalinan kerjasama antara pemerintah Jawa Tengah bersama dengan Muhammadiyah yang selama ini telah terjalin baik bisa terus ditingkatkan.

Untuk itulah, kedepan harus ditingkatkan untuk mendapatkan hasil pembangunan yang lebih baik. Sementara itu,panitia Pemilihan Anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Periode Muktamar ke-46 (2010-2015) telah menetapkan 39 nama daftar calon tetap calon anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dari 93 nama calon sementara.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) Muhammadiyah Jawa Tengah, Minggu (26/9) di Gedung Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan, Kajen.Di antara calon yang menguat, di antaranya Hasan Asy’ari Ulama’i, Suparman Syukur, Musman Thalib, Tafsir, Dailamy, Ahmadi,Djamaludin Darwis, Ari Anshori,Darori Amin,Rozihan, S.H, HM Zuhri, dan Yusuf Suyono. “Mereka cukup berpeluang sama, sampai sat ini belum ada informasi siapa yang paling menguat,” ujar Humas Muswil,Edi Hidayat. (Sumber: Sindo/Din)